Scroll to Top

Barcelona Akan Kandas di Semifinal Liga Champions?

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

Barcelona untuk kelima kalinya akan bermain di babak semifinal Liga Champions secara beruntun. Ya, sejak musim 2007/2008, El Barca selalu mencapai tahap ini dengan sepakbola menyerang yang senantiasa mereka peragakan.

Lionel Messi

Lawan Barcelona kemungkinan besar adalah Chelsea yang baru bermain esok hari. Dengan keunggulan agregat sementara 0-1 atas Benfica, sementara leg kedua dilakukan di Stamford Bridge, sulit untuk berharap pasukan Roberto Di Matteo tergelincir.

Jika Barcelona bertemu dengan Chelsea, persuaan ini merupakan ulangan semifinal Liga Champions musim 2008/2009. Ketika itu El Barca sukses lolos ke final setelah unggul agresivitas gol tandang. Bermain imbang 0-o di Camp Nou, pasukan Pep Guardiola sukses menahan imbang Chelsea 1-1 di Stamford Bridge berkat gol Andres Iniesta di menit terakhir.

El Barca terbukti pernah menyingkirkan Chelsea. Namun, pendukung Barcelona tidak perlu kegirangan terlebih dahulu. Ada siklus tak menyenangkan yang bisa menghinggapi Barcelona di semifinal musim 2011/2012: ketika berada di tahun genap, Barcelona tak bisa meraih final Liga Champions.

Menengok ke belakang, musim 2007/2008. Ketika itu, El Barca memulai rentetan lima tahun beruntun lolos ke semifinal. Namun, di babak empat besar, Barcelona dikandaskan Manchester United dengan agregat 1-0.

Setelah bermain imbang 0-0 di Camp Nou, Setan Merah menikam Blaugrana 1-0 di Old Trafford berkat gol Paul Scholes. Kebetulan tersingkirnya Barcelona ini terjadi di tahun genap (2008).

Musim berikutnya, Barcelona kembali sampai ke semifinal. Kali ini Chelsea dibekap dengan agresivitas gol tandang (1-1). Namun, hal ini terjadi di tahun ganjil (2009). El Barca sendiri akhirnya menjuarai Liga Champions setelah menaklukkan Manchester United 2-0.

Musim 2009/2010, Barcelona sekali lagi hadir di semifinal. Menghadapi Internazionale, lawan yang pernah dijungkalkan di babak penyisihan grup, pasukan Josep Guardiola justru keteteran. Ketika di Giuseppe Meazza, Inter menang 3-1. Di Camp Nou, Barcelona cuma menang 1-0. Sialnya kubu Barcelona ini kebetulan terjadi di tahun genap (2010).

Musim selanjutnya, Barcelona yang berada di tahun ganjil (2011) mulus-mulus saja di semifinal. Menghadapi Real Madrid, mereka sudah unggul 0-2 di Santiago Bernabeu. Kemudian, di leg kedua hasil seri 1-1 sudah cukup membawa El Barca ke final dan kembali merebut gelar.

Kini Barcelona kembali tiba di semifinal pada tahun genap (2012). Apakah kejadian tahun 2008 dan 2010 terulang? Ataukah mitos gagal di tahun genap hanyalah rekaan semata? Kita lihat saja kelak.

Tahun Pencapaian Barcelona
2008 Semifinal
2009 Final (Juara)
2010 Semifinal
2011 Final (Juara)
2012 Semifinal (???)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda