Scroll to Top

Uang Bisa Jadi Penghalang Keharmonisan Hubungan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

Pernikahan seringkali menyisakan masalah yang berhubungan dengan uang. Masalah bisa muncul terkait penggunaannya, pihak yang berwenang menggunakannya, sampai siapa yang mencari uang. Konflik materi ini sering berujung kemarahan. Hubungan tidak lagi menjadi harmonis. Semuanya kena imbasnya, termasuk urusan seksual.

uang keluarga

Saat wanita juga ikut bekerja, masalah perbedaaan gaji kadang ikut menjadi permasalahan. Istri yang punya pendapatan lebih besar dari suami, turut membuat suami rendah diri. Rasa minder muncul di hatinya. Konflik-konflik kecil pun mulai bermunculan soal siapa yang mengontrol pengeluaran.

Dr Vinod Goyal, psikoterapis dari India, mengatakan,  4 dari 10 pasangan yang konsultasi kepadanya mengalami masalah ego. Termasuk, dalam persoalan keuangan keluarga.

“Pasangan mulai menghubungkan uang dengan kebahagiaan. Ketika hubungan mulai dalam mode kontrol, hal ini menjadi kendala untuk mengantarkan pada hubungan yang menyenangkan,” kata Goyal dikutip Times of India.

Oleh karena itu, masalah kontrol terhadap pemakaian uang keluarga jmesti diperhatikan. Suami istri perlu sepaham untuk apa saja uang keluarga akan digunakan. Oleh karena itu, menyusun anggaran yang disepakati berdua itu penting. Pada pengeluaran kurang penting yang berhubungan dengan ego masing-masing, bisa dibicarakan mana dulu yang akan didahulukan.

Tidak perlu juga antara suami istri saling iri terkait pendapatan masing-masing. Jadikan pendapatan sebagai jalan untuk makin mengokohkan hubungan. Kalau perlu, sebelum menikah, bicarakan masalah uang bersama calon suami atau istri untuk menekan rasa rendah diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda