Scroll to Top

Obat Antibiotik Bisa Sebabkan Ablasi Retina

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

minum obat

Selain membuat bakteri menjadi resistan, antibiotik tertentu turut diduga mengakibatkan gangguan mata berupa ablasi retina. Seseorang yang menderita penyakit ini punya jaringan peka cahaya yang terpisah dari gel pengisi bola mata. Pengonsumsi antibiotik fluoroquinolones yang kerap diresepkan dokter mata membuat potensi terkena ablasi retina meningkat lima kali lipat. Demikian menurut penelitian dari Child and Family Research Institute of British Columbia di Vancouver, Kanada.

Tanda seseorang terkena ablasi retina adalah munculnya garis, titik, atau “floaters” pada mata. Jika terlambat ditangani bisa menyebabkan kebutaan yang sifatnya permanen.

Yang termasuk dalam antibiotik jenis fluoroquinolones  adalah ciprofloxacin dan levofloxacin dengan berbagai merek dagang yang ada. Kedua obat antibiotik ini punya efek racun untuk jaringan ikat dan tulang rawan. Mahyar Etminan, penulis peneltian, mengatakan, diduga obat tersebut juga punya reaksi pada mata. Apalagi, mata punya banyak jaringan ikat.

“Kami ingin melihat apakah kerusakan ini juga bisa terjadi di mata, karena ada banyak jaringan ikat di mata, kata Etminan seperti dikutip Reuters.

Dari data yang diamati, peneliti menemukan satu dari 30 pasien dengan ablasi retina telah, mengonsumsi fluorokuinolon pada saat yang sama. Sebagian besar pasien mengonsumsinya untuk masalah infeksi di saluran nafas dan kemih. Dan, jenis yang sering diresepkan adalah ciprofloxacin.

Namun, peneliti menambahkan, tidak semua pengonsumsi fluoroquinolones akan mengalami ablasi retina. Risiko terkena ablasi ini kecil. Meski begitu, penelitian ini sebagai pengingat bahwa ada kemungkinan seseorang mengalami ablasi retina saat mengonsumsi fluorokuinolon. Mungkin satu di antara 2.500 orang yang makan antibiotik itu mengalami ablasi retina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda