Scroll to Top

Timnas Inggris: Kapan Mau Memakai Jasa Para Pemain Muda?

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

Tak diragukan lagi, Timnas Inggris selama ini dikenal memiliki para pemain berbakat di tiap posisinya. Frank Lampard, Steven Gerrard, Wayne Rooney, Ashley Cole, hingga John Terry adalah beberapa diantaranya.

Namun harus diakui, masa keemasan mereka, selain Rooney, akan segera memudar mengingat usia yang mulai menua yang jelas mempengaruhi kondisi fisik mereka.

Smalling-Jones

Beruntung bagi Inggris, disaat menghadapi kondisi seperti itu, mereka memiliki banyak pemain muda berbakat yang siap menggantikan peran para senior mereka di timnas.

Di sektor kiper, The Three Lions cukup beruntung dengan keberadaan Joe Hart. Namanya mulai rajin mengisi pos kiper utama Inggris selepas Piala Dunia 2010 silam.

Tempaan keras yang dilaluinya di klub diprediksi akan membuat mental Hart teruji ketika ia menjaga gawang Inggris di turnamen Euro 2012 mendatang.

Di lini belakang sama saja. Beberapa darah muda potensial siap menggantikan peran para pemain senior di tiap posisi di lini belakang.

Siapa yang meragukan kemampuan Kyle Walker (Tottenham Hotspur, 21 tahun), Micah Richards (Manchester City, 23 tahun), Kieran Gibbs (Arsenal, 22 tahun), serta duo Manchester United, Chris Smalling (22 tahun) dan Phil Jones (20 tahun)?

Keberadaan mereka akan menjadi solusi yang pas andai para bek senior seperti Terry, Rio Ferdinand, dan Ashley Cole berhalangan tampil di timnas.

Di posisi gelandang, Inggris juga memiliki sederet pemain muda bertalenta yang siap naik pangkat ke tim senior. Sebut saja Jack Wilshere (Arsenal, 20 tahun), Jordan Henderson (Liverpool, 21 tahun), Scott Sinclair (Swansea, 23 tahun), Jack Rodwell (Everton, 21 tahun), Tom Cleverley (Manchester United, 22 tahun), dan Fabrice Muamba (Bolton, 23 tahun).

Selain mereka berlima, tentu publik tidak boleh melupakan talenta lain seperti Danny Rose (Tottenham, 21 tahun), Josh McEachran (Swansea, 19 tahun), Gary Gardner (Aston Villa, 19 tahun), dan Jonjo Shelvey (Liverpool, 20 tahun) yang siap mengemban tugas membela timnas senior Inggris.

Lini depan? Semua pasti sudah mengenal kemampuan apik Danny Welbeck (Manchester United, 21 tahun), Daniel Sturridge (Chelsea, 22 tahun), Gabriel Agbonlahor (Aston Villa, 25 tahun), serta duo Arsenal yakni Theo Walcott (23 tahun) dan Alex Oxlade-Chamberlain (18 tahun).

Walcott-Chamberlain

Para pemain tersebut diyakini akan menjadi tulang punggung Inggris dalam dua atau tiga tahun mendatang kala Piala Dunia 2014 berlangsung di Brazil.

Ditambah dengan para pemain yang sedang berada dalam usia emas seperti Gary Cahill (Chelsea, 26 tahun), Stewart Downing (Liverpool, 27 tahun), Ashley Young (Manchester United, 26 tahun), Darren Bent (Aston Villa, 28 tahun), Glen Johnson (Liverpool, 27 tahun), serta Rooney yang masih berusia 26 tahun, Inggris diyakini akan bisa mengembalikan masa kejayaan mereka seperti pada beberapa dekade silam.

Pertanyaannya adalah, kapan manajer Timnas Inggris mau mulai menggunakan jasa para pemain muda tersebut di tim senior? Kisah Timnas Jerman yang sukses di Piala Dunia 2010 dengan sederet pemain muda mereka layaknya bisa menjadi inspirasi bagi Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda