Scroll to Top

Setelah Beli Paten, Facebook Serang Balik Yahoo

By Ditya / Published on Wednesday, 04 Apr 2012

Mark Zuckerberg

Setelah sebelumnya diberitakan bahwa Yahoo menuntut Facebook karena dianggap melanggar beberapa paten yang dimiliki Yahoo, kini Facebook menyerang balik Yahoo.

Situs jejaring sosial Facebook sempat dikabarkan “mempersenjatai” perusahaan dengan cara membeli beberapa paten dari the big blue, IBM.

Kini Facebook menuntut balik Yahoo dengan tuduhan melanggar 10 paten yang telah dimiliki situs jejaring sosial terpopuler ini.

Facebook mengklaim bahwa mereka telah memiliki lisensi untuk hak paten yang digunakan Yahoo untuk menggugat Facebook.

Gugatan Yahoo pada tanggal 12 Maret lalu mengklaim bahwa model jaringan sosial Facebook didasarkan pada teknologi jaringan sosial yang telah dipatenkan oleh Yahoo.

2 dari 10 paten yang digunakan Facebook untuk menuntut Yahoo berasal dari Facebook sendiri, termasuk salah satu yang dimiliki pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Dua paten yang dimiliki Facebook diperoleh pada bulan Februari mencakup sistem distribusi terkendali melalui jaringan dan diberikan dari seseorang yang bernama Chris Cheah.

Jawaban Facebook untuk gugatan Yahoo yang diajukan hari ini di pengadilan distrik California Utara berisi cukup menarik : Facebook berpendapat bahwa Facebook sebenarnya memiliki lisensi untuk hak paten yang sama dengan Yahoo.

Facebook juga mengklaim layanan berbagi foto milik Yahoo, Flickr juga melanggar beberapa paten yang dimiliki situs jejaring sosial populer tersebut.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, Facebook menolak untuk memberi informasi lebih lanjut mengenai detail paten apa saja yang digunakan situs jejaring sosial ini untuk menggugat Yahoo.

“Dari awal, Kami mengatakan bahwa Kami akan mempertahankan diri dengan penuh semangat melawan gugatan Yahoo, dan kami mengajukan jawaban kami serta kontra-klaim terhadap Yahoo yang telah melanggar 10 paten kami,” kata penasehat umum Facebook, Ted Ullyot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda