Scroll to Top

Real Madrid vs APOEL 5-2: Sihir Gol di Santiago Bernabeu

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Apr 2012

Unggul 0-3 di leg pertama, Real Madrid berpesta menghadapi tim tamu APOEL di leg kedua. Santiago Bernabeu menjadi saksi 5 gol yang bersarang ke gawang tim tamu, 2 di antaranya melalui Cristiano Ronaldo. Lolos ke babak berikutnya, Los Blancos siap menghadapi Bayern Muenchen.

Real Madrid vs APOEL 5-2

Jose Mourinho tidak memainkan Xabi Alonso, Karim Benzema, dan Mesut Ozil. Ia kembali mempercayakan duo gelandang bertahan kepada Nuri Sahin dan Esteban Granero; orang-orang yang musim ini penampilannya sebagai starter masih bisa dihitung dengan jari. Sementara, Marcelo secara mengejutkan ditaruh di bagian sayap.

Butuh 26 menit bagi Real Madrid untuk memecahkan kebuntuan. Pelakunya siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo. Bermula dari umpan silang Marcelo dari sisi kanan pertahanan lawan, bola ditanduk ke tanah oleh Gonzalo Higuain. Pertahanan APOEL terkesima ketika Ronaldo datang dari belakang untuk mencetak gol ketujuhnya di Liga Champions.

Selang 11 menit, Kaka kembali membuktikan bahwa ia belum habis. Menerima umpan Marcelo di luar kotak penalti, sang playmaker Brasil melepaskan tendangan melengkung yang menghunjam sudut jauh gawang Urko Pardo, kiper yang pernah merasakan atmosfer Barcelona.

Unggul 2-0 di babak pertama, Jose Mourinho melakukan pergantian pemain sepanjang 20 menit awal babak kedua. Jose Maria Callejon (menit 46), Angel Di Maria (menit 54), dan Raul Albiol (menit 65) dimasukkan sebagai penyegaran. Real Madrid sempat harus membayar mahal pergantian ini karena APOEL sukses memperkecil ketertinggalan.

Memanfaatkan rentannya sisi kiri yang dikawal oleh Hamit Altintop, umpan terobosan Ailton Almeida diterima dengan nyaman oleh Gustavo Manduca. Gelandang 31 tahun ini pun membobol gawang Iker Casillas.

Delapan menit kemudian, Cristiano Ronaldo mencetak gol keduanya. Pelanggaran Savvas Poursaitidis berbuah tendangan bebas di sudut kanan pertahanan lawan. CR7 tak menyiakan kesempatan untuk melepaskan tembakan melengkung yang sekali lagi mengoyak gawang Urko Pardo.

Pentingnya kehadiran Angel Di Maria langsung terasa bagi Real Madrid di menit 80. Sebuah umpan lambung khasnya dari tengah lapangan, diterima oleh Jose Maria Callejon yang lolos dari jebakan offside. Dengan enam sentuhan, Callejon melepaskan tembakan ke sudut dekat gawang APOEL. Gol.

Meski sudah memastikan kemenangan, Real Madrid tidak akan suka dengan gol kedua APOEL yang lahir dua menit kemudian. Hamit Altintop memburamkan malamnya dengan melakukan tackle kotor untuk Aldo Adorno di kotak penalti. Esteban Solari yang diminta sebagai eksekutor mengecoh Iker Casillas dengan telak. Sang kiper tak berkutik ketika bola mengalir ke sudut kiri gawangnya.

Selang tiga menit, Real Madrid memperlebar jarak lagi. Angel Di Maria yang menerima umpan Ricardo Kaka, menggiring bola sendiri sebelum menchip bola ke gawang APOEL sementara Urko Pardo telah meninggalkan posisi.

http://www.youtube.com/watch?v=YalAtsiIliY

Kemenangan 5-2 ini membawa Los Blancos lolos dengan agregat 8-2. Bayern Muenchen sudah menanti di babak semifinal. Jose Mourinho tak perlu cemas dengan langsung rancaknya permainan Angel Di Maria setelah cedera lama. Selebihnya, The Special One cuma perlu memikirkan lubang di sisi kiri pertahanan timnya; yang malam ini menjadi tambang emas APOEL.

Real Madrid APOEL
21(8) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 9(3)
10 Pelanggaran 11
6 Tendangan Sudut 3
2 Offside 0
70% Ball Possession 30%
0 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
1 Penyelamatan 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda