Scroll to Top

Athletic Bilbao Klub dengan Lini Belakang Tersubur di Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Apr 2012

Lini depan Barcelona dan Real Madrid memang menjadi yang tersubur di Liga Spanyol. El Real yang menjadi pimpinan klasemen, mampu mencetak 100 gol dalam 30 pertandingan. Lewat jumlah laga yang sama El Barca mengoleksi 86 gol.

Athletic Bilbao

Standard gol yang dibuat oleh kedua klub tidak bisa diimbangi oleh tim lain di Liga Spanyol. Tak ada satupun dari 18 tim tersisa yang mampu mencetak 50% saja dari jumlah gol Real Madrid.

Demikian pula masalah ketajaman lini depan. Siapa yang tidak akan menyerah melihat koleksi gol Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? CR7 sementara unggul dengan 37 gol dan Messi 36 gol. Sejauh ini cuma Radamel Falcao dan Gonzalo Higuain yang mampu mengejar mereka dengan 20 gol.

Namun, urusan kesuburan lini belakang, Real Madrid dan Barcelona layak tersenyum kecut. Duo klub terbesar Liga Spanyol ini masih kalah dengan Athletic Bilbao dan Granada. Defender Bilbao dan Granada masing-masing mencetak 11 gol; yang tersubur di Liga Spanyol.

Bicara Granada berarti bicara Guilherme Siqueira. Bek kiri ini menjadi top skorer klub dengan 6 gol; meski empat di antaranya melalui titik putih. Berikutnya, ada Inigo Lopez yang mencetak 4 gol. Satu gol yang dibuat Mainz saat Granada dibekuk Barcelona 5-3 membuat para bek Granada bisa mencetak gol yang melebihi jumlah kedua jari tangan.

Total, 11 gol para bek ini berkorelasi dengan 28 gol yang dibukukan Granada sepanjang kompetisi. Artinya, 39,3 % gol klub promosi ini berasal dari para bek. 11 gol yang dibuat lini belakang Granada juga membantu para penyerang Granada yang tumpul. Belum ada satu penyerang pun dari klub ini yang mampu mencetak lebih dari 3 gol meski Granada sudah melakoni 30 laga.

Sementara itu, di Athletic Bilbao ada sosok Javi Martinez. Gelandang bertahan yang bisa diplot sebagai bek ini sudah mencetak 4 gol. Ada pula Fernando Amorebieta, bek tengah yang mengoleksi 3 gol.

Bek muda Mikel San Jose yang baru berusia 20 tahun membukukan 2 gol. Sementara, Jon Aurtenetxe dan Andoni Iraola masing-masing 1 gol. Total 11 gol, sama dengan Granada.

Di bawah kedua klub ini, ada Real Madrid yang para pemain belakangnya sudah mencetak 9 gol. Marcelo dan Sergio Ramos masing-masing mengoleksi 3 gol. Sementara, 3 sisanya dibuat oleh Raphael Varane, Hamit Altintop, dan Pepe.

Barcelona sendiri cuma duduk di peringkat ketiga masalah kesuburan bek. Lini belakang mereka cuma mengoleksi 6 gol. Gerard Pique dan Daniel Alves menjadi yang tersubur dengan 2 gol. Mereka disusul oleh Carles Puyol dan Adriano yang sama-sama mengoleksi 1 gol.

Berikut ini daftar gol lini belakang klub di Liga Spanyol.

Gol Klub
11 Athletic Bilbao, Granada
9 Real Madrid
6 Real Sociedad, Barcelona
5 Sporting, Atlético, Sevilla
4 Osasuna, Mallorca, Levante, Zaragoza, Racing
3 Málaga, Valencia, Espanyol, Betis
2 Villarreal
1 Getafe, Rayo Vallecano

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda