Scroll to Top

KPI Hentikan Sementara ‘Uya Emang Kuya’

By Tyas / Published on Thursday, 05 Apr 2012

uya-kuya

Komisi Penyiaran Indonesia atau disingkat KPI kembali menertibkan tayangan – tayangan yang dianggap tidak atau kurang pantas untuk dipertontonkan. Setelah mencekal lagulagu dari beberapa penyanyi dangdut yang dianggap vulgar dan memberi peringatan kepada sinetron di televisi yang dianggap tak mewakili cerita yang sebenarnya, kali ini KPI memberhentikan penayangan reality show ‘Uya Emang Kuya’. Padahal ‘Uya Emang Kuya’ baru saja menjadi salah satu penerima piala Panasonic Gobel Awards 2012. Ada apa sebenarnya?

Ternyata reality show yang ditayangkan di SCTV ini dianggap telah melanggar hak privasi anak pada episode penayangan tanggal 9 Maret 2012. Pada episode ini, Uya sebagai host acara tersebut menghipnotis seorang ibu yang sedang bersama anaknya. Di sini sang ibu mengungkapkan jika sang anak bukanlah anak kandungnya.

Mendengar pengakuan ibunya, si anak lalu menangis tersedu – sedu. Dengan pertimbangan ini adalah masalah pribadi, maka apa yang dilakukan Uya dalam ‘Uya Emang Kuya’ dianggap melanggar hak privasi si anak.

Dilansir Tabloid Bintang, dalam surat bernomor 216/K/KPI/03/12, tertanggal 22 Maret 2012, KPI menegaskan jika ‘Uya Emang Kuya’ telah melakukan pelanggaran atas perlindungan anak dan remaja serta hak privacy khususnya konflik dalam keluarga yang disiarkan oleh lembaga penyiaran.

Sebagai sangsi – nya, pihak SCTV tidak diperbolehkan menayangkan ‘Uya Emang Kuya’ pada 30 Maret 2012, 6 April 2012, dan 13 April 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda