Scroll to Top

Telor Atasi Penyerapan Zat Besi Saat Alami Inflamasi

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 09 Jul 2011

telorPeradangan (inflamasi) yang mucul dari efek infeksi, harus segera ditangani. Karena, kehadirannya menjadi penghambat penyerapan zat besi yang dibutuhkan penderita anemia.

Saat terjadi infeksi, semua zat besi yang masuk tubuh justru bahaya. Karena, zat besi akan bertindak prooksidan yang menyumbangkan oksidan untuk tubuh. “Diperlukan tambahan vitamin A untuk memperbaiki penyerapan zat besi yang nantinya berfungsi membentuk sel darah merah,” papar Dr. dr. Saptawati Bardosono MSc yang ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia oleh Okezone, seperti dikutip MSN Indonesia.

Bagi penderita anemia, disarankan untuk mengonsumsi telor. Vitamin A dan zat besi tinggi bisa ditemui pada bagian kuningnya. Lebih bagus lagi memilih telor ayam kampung. Karena, kuning telornya lebih besar.

Tapi ingat, telor tersebut harus dimasak. Dikhawatirkan kalau dimakan mentah masih mengandung bakteri salmonella. Jangan khawatir, kandungan vitamin A dan zat besinya tidak hilang karena dimasak.

Telor cukup dimakan sehari sekali. Nutrisi lain bisa diperoleh dari sumber makanan lainnya. “Pada dasarnya, zat besi ada dua macam. Pertama, zat besi yang bisa diserap dalam jumlah banyak, yakni sumber hewani. Seperti daging merah dan hati sapi. Kemudian, zat besi yang agak sulit diserap tubuh. Seperti kacang-kacangan dan bayam,” tutur Dr.Saptawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda