Scroll to Top

Robot Pemadam Kebarakan Yang Menyeramkan Buatan AL Amerika

By Moch Ridwan / Published on Thursday, 05 Apr 2012

Ilmuwan dari laboratorium penelitian Angkatan Laut Amerika saat ini sedang mengembangkan sebuah robot pemadam kebakaran. Robot yang sekilas tampak menyeramkan ini diharapkan bisa membantu para prajurit dalam menangani kebakaran yang terjadi di kapal.

Adalah Octavia nama robot tersebut yang merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Amerika dengan pihak angkatan laut Amerika. Octavia di disain untuk berinteraksi dengan manusia melalui kombinasi antara percakapan dan rekoknisi visual.

Setelah robot ini diarahkan oleh petugas ke tempat terjadinya kebakaran, maka robot berwajah sedikit aneh ini menggunakan kamera inframerah untuk menganalisa penyebaran api, lalu dia pun menembakkan campuran air dan udara yang telah di kompresi yang disimpan di belakang punggungnya melalui sebuah selang khusus.

Para ilmuwan tersebut mengembangkan robot khusus ini dengan harapan bisa membantu manusia dalam memadamkan api jika terjadi kebakaran di dalam kapal. Namun sayangnya desain yang dihasilkan terlihat kurang responsif terhadap terjadinya kebakaran, dan mereka mengklaim masih menyempurnakan Octavia.

Kedepannya Octavia diharapkan bisa berinteraksi dengan manusia dengan cara yang lebih wajar dan mampu menangani api jauh lebih baik dibandingkan dengan alat pemadam kebakaran yang biasa dipakai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda