Scroll to Top

Polusi Udara Sebabkan Serangan Jantung dengan Cara Ini

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 05 Apr 2012

Tahukah Anda? Polusi udara yang ada di sekitar kita memberikan kontribusi terhadap munculnya serangan jantung. Di samping diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi, polusi udara juga dapat meningkatkan peluang serangan jantung hingga tiga persen dalam setiap 10 mikrogram polutan per meter kubik.

polusi udara

Ada empat mekanisme seseorang bisa kena serangan jantung akibat polusi udara. Pertama, denyut jantung meningkat seiring peningkatan tekanan darah. Kedua, Darah mengalami kekakuan yang berimbas pada pembekuan darah. Selain itu, bisa terjadi pula penyumbatan di hati. Ketiga, polusi membuat dinding arteri mengalami penebalan. Keempat, hipertensi terjadi akibat pegaruh dari timbal.

Polutan dalam udara bebas di zaman modern ini cukup beragam. Asap kendaraan bermotor dan pembakaran pabrik diduga menjadi sumber besar berkembangnya banyak polutan. Dari catatan penelitian Paris Cardiovascular Research Center, polutan yang memengaruhi buruknya kesehatan jantung adalah karbon monoksida, nitrogen dioksida, dan partikel jelaga. Buat Anda yang ada di perkotaan, polutan ini wajib dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda