Scroll to Top

Ini Peralatan Makan Yang Bisa Bikin Penyakit

By C Novita / Published on Thursday, 05 Apr 2012

styrofoamApa yang kita makan, sering sekali tanpa disadari menyebabkan penyakit. Bahkan, peralatan yang digunakan untuk memasak dan menyimpan makanan pun bisa menjadi pemicu penyakit.

Berikut adalah beberapa contoh dari peralatan makan yang bisa bikin penyakit tersebut;

  • Peralatan memasak anti lengket

Walaupun tidak semua, namun banyak produk anti lengket yang memasukkan bahan PFC (Perfluorinated chemicals) sebagai campurannya. Bahan ini besar kemungkinan menjadi sebab pencetus kanker. Oleh sebab itu, memasak memakai wajan anti lengket sebaiknya menggunakan sodet kayu, agar lapisannya tidak tergores.

  • Styrofoam

Ini merupakan bahan yang kerap digunakan sebagai wadah makanan. Partikel bahan ini mudah sekali lumer, dan juga mudah membeku kembali, saat terkena suhu panas dan dingin. Dikhawatirkan jika styrofoam digunakan sebagai wadah untuk makanan panas, maka partikel styrofoam yang lumer dapat turut termakan. Ini tentu berbahaya bagi tubuh.

  • Botol minuman plastik

Botol dengan logo #3, sebaiknya dihindari. Plastik dengan logo seperti itu hanya untuk bahan mainan dan furniture saja, sebab mengandung PVC.

  • Botol isi ulang

Contohnya botol bayi, galon air isi ulang, serta botol minuman yang biasa digunakan kembali. Labelnya memang aman, yaitu #1, #2, #4, dan #5 yang berarti bahan pembuatnya aman untuk kemasan makanan.

Namun terkadang, karena sudah digunakan berulang kali dan cara pencuciannya kurang bersih, maka bekas minuman masih banyak tertinggal hingga mengundang bakteri tumbuh pada botol tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda