Scroll to Top

Hasil Pertandingan Grup A Copa America 2011: Argentina Mengecewakan Lagi

By Wan Faizal / Published on Thursday, 07 Jul 2011

Argentina lagi-lagi tampil mengecewakan dalam pertandingan kedua babak penyisihan Grup A Copa America 2011. Bermain di Santa Fe, Argentina ditahan imbang Kolombia tanpa gol, Kamis (7/7) pagi.

Seperti biasa, Argentina langsung berinisiatif untuk menyerang demi meraih target tiga poin. Namun, rapatnya lini tengah Kolombia membuat Argentina hanya bisa bermain di lini tengah saja. Tak ada suplai bola berbahaya pada trio penyerang Lionel Messi, Carlos Tevez, dan Ezequiel Lavezzi.

Sebaliknya, strategi serangan balik yang dilancarkan Kolombia cukup efektif. Berkali-kali Radamel Falcao, Adrian Ramos, dan Dayro Moreno mengancam gawang Albiceleste yang dikawal Sergio Romero.

Peluang terbaik Los Cafeteros datang pada pertengahan babak pertama. Berawal dari backpass yang buruk dari Gabriel Milito, bola mampu diserobot Ramos yang tinggal berhadapan dengan Romero. Ramos berhasil mengecoh Romero, sebelum Nicolas Burdisso berhasil melakukan tackle bersih terhadap Ramos. Bola liar datang pada Moreno yang datang dari belakang. Sayang ia gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Di babak kedua, Sergio Batista melakukan sejumlah perubahan. Ia memasukkan Kun Aguero, Fernando Gago, dan Gonzalo Higuain untuk menambah daya gedor timnya.

Kolombia benar-benar bisa dengan mudah menebak arah serangan Argentina yang berpusat pada Messi. Tak heran, ketika Messi menguasai bola, dua sampai tiga pemain Kolombia langsung mengepungnya.

Pablo Armero dan Falcao nyaris membuat Kolombia unggul di menit ke 63 dan 66. Beruntung, tuan rumah memiliki kiper muda sekelas Romero yang mampu menggagalkan semua peluang Kolombia. Romero sendiri akhirnya terpilih menjadi Man of The Match.

Hingga pertandingan berakhir, tetap tak ada gol yang tercipta di Stadion Cementerio de Elefantes itu.

“Saya tetap percaya pada para pemain, mereka telah bermain baik. Kami sedikit lambat di depan. Tapi itu tidak akan membuat kami berubah. Kami akan bermain dengan dua gelandang bertahan, dan mungkin memainkan pemain sayap murni,” jelas pelatih Argentina, Batista.

“Kami masih memiliki satu pertandingan melawan Kosta Rika. Dan kami bisa lolos dengan jumlah lima poin. Kami hanya perlu untuk tetap tenang, dan bermain layaknya laga final.”

Sementara striker Kolombia, Falcao, tetap meyakini kualitas para pemain Argentina. Ia percaya Tim Tango tetaplah tim unggulan di Grup A.

“Argentina akan bermain lebih baik. Mereka memiliki pemain-pemain yang hebat dan saya yakin mereka akan melaju ke perempat final,” ujarnya.

Argentina harus memaksimalkan laga terakhir penyisihan grup melawan Kosta Rika jika ingin lolos ke perempat final.

Data pertandingan:

Argentina: 23. Sergio Romero, 3. Pablo Zabaleta, 4. Nicolas Burdisso, 6. Gabriel Milito, 8. Javier Zanetti, 14. Javier Mascherano, 19. Ever Banega (9. Gonzalo Higuain 72’), 5. Esteban Cambiasso (20. Fernando Gago 60’), 10. Lionel Messi, 11. Carlos Tevez, 21. Ezequiel Lavezzi (16. Sergio Aguero 60). Coach: Sergio Batista

Kolombia: 12. Luis Martinez, 18. Camilo Zuniga, 14. Luis Perea, 3. Mario Yepes, 7. Pablo Armero, 6. Carlos Sanchez, 17. Dayro Moreno (22. Aquivaldo Mosquera 90′), 8. Abel Aguilar, 13. Freddy Guarin, 20. Adrian Ramos (16. Elkin Soto 89’), 9. Radamel Falcao (19. Teofilo Gutierrez 87’). Coach: Hernan Dario Gomez

Yellow card: Aguilar 6’

Referee: Salvio Fagundes (Brazil)

Man of The Match: Sergio Romero

[youtube J4cJJ0nCl8g]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda