Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Schalke 2-2: Pasukan Marcelo Bielsa Menuju Dua Gelar

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 06 Apr 2012

Berstatus sebagai penjegal Manchester United, Athletic Bilbao menjalani nasib sebagai klub paling diamati di Europa League. Apalagi ketika mereka dengan gagah berani menaklukkan Schalke 2-4 di leg pertama perempat final kompetisi ini. Dalam laga tadi pagi, Bilbao dipaksa hingga titik batas kemampuan untuk mengamankan hasil seri.

Athletic-Bilbao

Setelah memainkan beberapa pemain cadangan dalam duel menghadapi Barcelona akhir pekan lalu, Marcelo Bielsa menurunkan skuad utamanya. Kecuali, Borja Ekiza yang tampil menggantikan Ander Iturraspe.

Schalke sendiri, yang harus memetik kemenangan 0-3 atau 3-5, hanya punya satu cara untuk lolos: mencetak gol sebanyak-banyaknya. Maka, meski Bilbao unggul ball possessions, Schalke lebih banyak menebar ancaman hingga datanglah gol di menit 28.

Adalah Klaas-Jan Huntelaar yang menaklukkan Gorka Iraizoz dengan tembakan yang menusuk sudut kiri bawah gawang. Ini adalah gol ke-10 sang penyerang Belanda di Europa League.

Pasukan San Mames merespons empat menit menjelang turun minum. Ibai Gomez, pemain pengganti, menyentak lini pertahanan Schalke dengan tembakannya dari jarak lebih dari 20 meter yang tak mungkin dihentikan oleh Lars Urnestall.

Babak kedua, Schalke kembali unggul. Eks penyerang Real Madrid yang begitu dihormati rakyat Basque, Raul Gonzalez, menjadi pelakunya. Kerjasama Huntelaar dan Chinedu Obasi dituntaskan oleh penyerang gaek ini untuk menghantam sudut kanan atas gawang Gorka Iraizoz di menit 52. Hanya selang tiga menit, Markel Susaeta menyamakan kedudukan.

Harus mencetak 2 hingga 3 gol lagi, pelatih Huub Stevens tak punya banyak pilihan. Ia memasukkan Jeffersin Farfan, Ciprian Marica, dan Marco Hoger. Sementara itu, Marcelo Bielsa lebih suka menarik Feranndo Llorente untuk memainkan Gaizka Toquero. Ibai Gomez pun ditarik keluar untuk memasukkan Mikel San Jose demi memperketat lini pertahanan.

Pasukan Basque tahu cara menjaga bola demi menjaga status sebagai semifinalis. Sebaliknya, Schalke 04 mulai meredup. Pada ujungnya, imbang dalam laga ini adalah hasil yang pantas untuk kedua tim.

Tersingkir di Europa League, Schalke 04 hampir pasti tak mendapatkan gelar apa pun musim ini –setelah tertinggal 9 poin dari Borussia Dortmund di Bundesliga—. Sementara itu, meski terseok di tingkat domestik, Bilbao membuktikan diri sebagai tim spesialis turnamen.

Bilbao Schalke
13(6) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 15(7)
11 Pelanggaran 8
8 Tendangan Sudut 7
3 Offside 0
58% Ball Possession 42%
2 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
7 Penyelamatan 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda