Scroll to Top

Liga Spanyol Lebih Sulit daripada Europa League?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 06 Apr 2012

Valencia, Atletico Madrid, dan Athletic Bilbao sukses menuju empat besar Europa League. Kalau tidak ada aral melintang, bukan tidak mungkin akan terjadi final sesama tim Spanyol. Satu tempat sudah didapatkan dari duel Atletico Madrid vs Valencia. Sementara, satu tiket lain bisa saja diraih andai Athletic Bilbao mengandaskan Sporting Lisbon.

Atletico Madrid

Ketika wakil Liga Spanyol begitu berjaya di Eropa, kita layak memunculkan pertanyaan. Apakah Europa League jauh lebih mudah dihadapi klub-klub Spanyol daripada liga mereka sendiri? Tengoklah perjalanan Valencia, Athletic Bilbao, dan Atletico Madrid di Liga Spanyol dan mungkin Anda akan sedikit sepakat dengan asumsi ini.

Valencia saat ini memang duduk di peringkat ketiga Liga Spanyol. Dengan poin 48 mereka unggul 1 angka dari Malaga di peringkat empat.

Namun, perjalanan Valencia di tiga besar cukup menyedihkan. Kualitas El Che menurun sejak awal tahun. Mulai Januari 2012, pasukan Unai Emery sudah mengantongi 14 laga. Cuma tiga di antaranya yang dilalui dengan kemenangan. Selebihnya, 6 hasil seri dan 5 kekalahan.

Dibandingkan dengan penampilan mereka hingga Desember, hasil sangat kontras. Ketika itu, dalam 16 laga Valencia meraih 10 kemenangan, 3 hasil seri, dan 3 kekalahan.

Bandingkan dengan penampilan Valencia di Eropa. Mereka memang cuma meraih dua kemenangan di babak penyisihan grup Liga Champions. Namun, ketika turun kasta ke Europa League, pasukan Mestalla mampu meraih 4 kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah. Padahal laga di Europa League terjadi pada kurun waktu yang sama dengan periode buruk Valencia di Liga Spanyol.

Kasus yang sama juga menimpa Athletic Bilbao. Pasukan San Mames tercecer di papan tengah klasemen. Meraih sembilan kemenangan, 11 hasil seri, dan 10 kekalahan, Bilbao berada di peringkat 11.

Dalam lima laga terakhir di liga domestik, Bilbao cuma meraih satu poin hasil seri melawan juru kunci Sporting Gijon 1-1. Selebihnya mereka tewas oleh Osasuna (2-1), Valencia (0-3), Atletico Madrid (2-1), dan Barcelona (3-0).

Hal yang tak sebanding terjadi di Europa League. Bilbao tercatat meraih 8 kemenangan, 2 hasil seri, dan cuma dua kekalahan. Sejak ditaklukkan oleh Lokomotiv Moskwa 2-1, Bilbao tak pernah lagi kalah dalam 5 pertandingan terakhir di Eropa.

Atletico Madrid memang lebih baik daripada dua tim lain. Saat ini pasukan Diego Simeone berada di peringkat ketujuh dengan poin 42. Peluang menyodok ke zona Liga Champions masih ada meski berat.

Dalam sembilan pertandingan terakhir di liga domestik, Atletico meraih 3 kemenangan, 3 imbang, dan 3 kekalahan.

Sementara itu, di Europa League, kemenangan begitu lancar diraih oleh Rojiblancos. Enam laga terakhir di Eropa selalu dilalui Atletico dengan kemenangan.

Melihat prestasi ketiga tim yang begitu jomplang, apakah benar Liga Spanyol lebih ketat daripada Europa League? Ataukah, ketiga klub ini memang cuma ingin berfokus dengan kompetisi yang paling mungkin dimenangi mereka saja; dengan demikian, mereka rela tercecer di Liga Spanyol demi Eropa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda