Scroll to Top

Tidak Perlu Sedih Pertemanan Facebook Ditolak

By Ilham Choirul / Published on Friday, 06 Apr 2012

main fesbuk

Tidak perlu diambil hati kalau permintaan permintaan pertemanan Anda di Facebook tidak diterima oleh seseorang. Bisa jadi itu hanya karena urusan privasi saja tanpa bermaksud menjatuhkan Anda. Karena, dunia maya dan nyata itu berbeda.

Hanya saja, masih ada yang menyamakan sikap seseorang di dunia maya itu sama dengan dunia nyata. Termasuk dalam hal ini, sikap untuk tidak mengizinkan seseorang menjadi teman Facebook. Sebuah penelitian dari Penn State University, Amerika Serikat, membuktikannya.

Sebanyak 77 mahasiswa diikutkan dalam penelitian untuk diamati perasaan mereka tatkala permintaan pertemanannya ditolak. Ternyata peneliti mendapati mereka sakit hati, resah, hingga berpikir apakah dia telah melakukan kesalahan terhadap orang yang menolak pertemanan itu. Sikap berlebihan ini muncul akibat jejaring sosial sudah melibatkan psikis seseorang akibat komunikasi lewat jalan ini sebagai ganti di dunia nyata.

“Banyak orang yang benar-benar merasa sakit hati sewaktu mengalami penolakan di dunia maya,” kata Joshua Smyth, pakar perilaku di Penn State University.

Oleh karena itu, Anda perlu menata hati saat menggunakan Facebook. Bisa jadi penolakan pertemanan itu muncul karena sebab lain, dan belum tentu dia tidak suka pada Anda. Kecuali, Anda memang sedang bermasalah dengan dia..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda