Scroll to Top

Markel Susaeta Mencetak Gol ke-200 Athletic Bilbao di Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 06 Apr 2012

Iker Muniain mengirimkan bola kepada Markel Susaeta. Sang pemain sayap membutuhkan dua sentuhan untuk membuka ruang sekaligus melepaskan tembakan ke gawang Schalke. Dipilihnya tiang dekat, dan gol!

Markel Susaeta 2

Meskipun sempat terjatuh karena tekel tak sempurna pemain belakang Schalke, Susaeta layak bangga dengan golnya tadi. Ini adalah gol ke-200 Athletic Bilbao di ajang Eropa.

Bilbao memang tidak sebanyak Barcelona dan Real Madrid dalam berkompetisi di Eropa. Bilbao pun masih kalah dengan tetangga Real Madrid, Atletico Madrid. Hingga saat ini, mereka baru bermain 137 kali di seluruh level kompetisi Eropa: mulai dari European Cup dan penerusnya Liga Champions, hingga Piala Winners, Piala Fairs, Piala Intertoto, Piala UEFA, dan penggabungan keempat ajang ini, Europa League.

http://www.youtube.com/watch?v=1w6-rIzyUZs

Bubuhan 200 gol ini cukup sedikit dibandingkan dengan jumlah laga Bilbao. Rata-rata, klub kebanggaan rakyat Basque cuma mencetak 1,46 gol di setiap laga di tingkat Eropa.

Meskipun demikian, khusus musim ini, Bilbao layak membanggakan diri. Mereka sejauh ini sudah tampil 13 kali di ajang Europa League. Dari jumlah laga tersebut, pasukan San Mames mendapatkan 8 kemenangan, 3 kali seri, dan cuma dua kali kalah. Bilbao mencetak 24 gol dan cuma terbobol 15 kali.

Sepanjang sejarah keikutsertaan Bilbao di Eropa, jumlah gol yang didapatkan musim ini (24 gol)adalah yang terbanyak. Sebelumnya, catatan terbaik Bilbao terjadi pada Piala UEFA musim 1976/1997.

Ketika itu mereka meraih 5 kemenangan, 4 hasil seri, dan 3 kekalahan. Musim 1976/1977 sendiri Bilbao tercatat mampu mengemas 21 gol atau 3 gol lebih sedikit daripada musim ini. Sementara, rekor terbobol mereka mencapai 13 gol —atau lebih sedikit 2 gol daripada musim ini—.

Hingga pertandingan ke-137 dan gol ke-200, Bilbao belum meraih satu gelar pun. Prestasi terbaik hanyalah runner-up Piala UEFA setelah kalah agresivitas gol dengan Juventus. Siapa tahu, musim ini keberuntungan hinggap untuk klub yang lahir 114 tahun lalu ini.

Trivia

Hingga saat ini Markel Susaeta selalu tampil dalam semua pertandingan Athletic Bilbao musim ini (51 bertanding). 47 di antaranya sebagai starter. 10 gol sudah dicetak Susaeta; setara dengan 10 assistnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda