Scroll to Top

9 Wanita Paling Berpengaruh dalam Dunia Teknologi

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Apr 2012

Mereka adalah sosok Kartini di zaman digital. Sosok perempuan besi di era teknologi. Tanpa mereka, mungkin kita tak bisa hidup nyaman dan nyenyak dengan teknologi.

PeekYou, sebuah situs yang memberikan layanan ‘pencarian orang’ di internet berdasarkan pengaruh mereka, menempatkan sembilan nama wanita-wanita dibawah ini.

Meg Whitman, Presiden dan CEO Hewlett Packard (HP)

Meg Whitman

Sejak menjadi Presiden dan CEO HP, Meg Whitman membuat sejumlah langkah-langkah besar dan berani. Salah satunya adalah dengan menggabungkan perusahaan divisi PC dengan divisi printing. Hal ini dilakukan guna merampingkan penjualan. Pada tahun 1998 hingga 2008 (10 tahun), ia pernah menjabat sebagai Presiden dan CEO eBay.

Sheryl Sandberg, COO Facebook

Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg juga memiliki kisah dengan Google. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Perusahaan Penjualan Online Global. Di Facebook, Sheryl Sandberg kini menjabat sebagai Chief Operation Officer. Ia menduduki posisi tersebut pada bulan Maret 2008.

Marissa Mayer, Google VP Of Location And Local Services

Marissa Mayer

Marissa Mayer masih berusia 37 tahun. Ia adalah anggota termuda dari komite eksekutif Google. Marissa Mayer begabung dengan Google sejak tahun 1999 hanya beberapa saat setelah lulus dari Stanford.

Susan Wojcicki, Google SVP Of Advertising

Susan Wojcicki

Susan Wojcicki bekerja dengan Google bahkan sebelum Google lahir. Pada tahun 1998, Susan Wojcicki menyewakan garasinya kepada duo Google, Larry Page dan Serbey Brin dengan tarif USD 17.000 sebulan. Setelah Google menggurita, Susan Wojcicki menjabat sebagai professional marketing pertama Google. Dan pada bulan Oktober 2010, ia akhirnya menjabar sebagai Wakil Presiden Senior Periklanan Google.

Ursula Burns, CEO Xerox

Ursula Burns

Ia bergabung dengan Xerox sejak 30 tahun yang lalu. Ursula Burns pertama kali memulai karir di Xerox sebagai pegawai magang tehnik mesin. Pada bulan Juli 2009 ia berhasil menduduki CEO Xerox. Tak lama setelah menjadi CEO Xerox, Ursula Burns mampu mengakuisisi jasa afiliasi komputer yang terbesar dalam sejarah Xerox sebesar USD 6,4 miliar.

Safra Catz, President Oracle

Safra Catz

Safra Catz adalah wanita dengan gaji tertinggi di dunia dengan nilai total pendapatan USD 42 juta pada tahun 2010 silam menurut CNNMoney. Ia menjadi Presiden Oracle untuk perangkat lunak dan keras mulai Januari 2004.

Cher Wang, Co-Founder dan Chairperson HTC

Cher Wang

Selain ikut mendirikan HTC, Cher Wang juga mendirikan pemasok prosesor komputer VIA Technologies, Inc pada tahun 1987. Pada bulan Oktober 2010, majalah Forbes menagurahi Cher Wang sebagai The Most Powerful Woman In Wireless.

Virginia Rometty, CEO dan President IBM

Virginia Rometty

Virginia Rometty menjabat sebagai Presiden dan CEO IBM pada awal tahun ini. Salah satu prestasi terbesarnya selama 31 tahun karirnya bersama IBM saat memimpin proses akuisisi perusahaan konsultan PricewaterhouseCoopers  senilai USD 3,5 miliar.

Ellen Kullman, CEO DuPont

Ellen Kullman

Ellen Kullman memulai karirnya bersama DulPont sekitar 24 tahun yang lalu. Ia pernah menjabat sebagai manajer pemasaran hingga jajaran wakil presiden eksekutif hingga CEO dan ketua dewan direksi mulai 1 Januari 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda