Scroll to Top

Toyota Bergabung Dengan Linux Foundation

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 07 Jul 2011

Toyota bergabung The Linux Foundation, organisasi nonprofit yang khusus dibuat demi perkembangan Linux. Dari tindakan tersebut, muncul pertanyaan, mengapa perusahaan otomotif seperti Toyota bergabung ke Linux Foundation? Ternyata Toyota percaya Linux seharusnya memperkuat kendaraan masa depan yaitu dalam teknologi In-Vehicle-Infotainment (IVI).

Dikutip dari Techspot, Toyota berpendapat Linux bisa membantu menghubungkan jaringan dari bermacam-macam perangkat, termasuk mobil. Karena Linux adalah sistem operasi berbasis open source, maka Linux memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan pabrikan mobil ke arah teknologi yang semakin canggih dimana pasar membutuhkan itu. Singkatnya, Linux tidak hanya memperkuat PC dan smartphone saja tapi juga mobil.

Kenichi Murata, salah seorang Direktur Umum Proyek Pengembangan Elektronik di Toyota mengatakan “Linux memberi kami fleksibilitas dan kematangan teknologi dalam hal mengubah IVI dan sistem komunikasi untuk memenuhi ekspetasi pelanggan kami, selain itu Linux Foundation menjadi forum netral dimana kami bisa berkolaborasi dalam perusahaan teknologi dunia kelas atas yang mempercepat evolusi teknologi tersebut.”

Direktur Eksekutif Linux Foundation, Jim Zemlin menyatakan “Kami senang menyambut Toyota ke Linux Foundation. Kepemimpinan perusahaan dan inovasi yang sudah teruji memberi kontribusi penting dalam perkembangan Linux, selain itu investasi Toyota di Linux adalah warisan dari keberadaannya yang ada dimana-mana dan kemampuannya untuk mendukung pasar terkini.”

Tiga bulan lalu, masih seperti yang dikutip dari Techspot, Linux Foundation mengklaim mereka menang dalam perang software melawan Windows, di segala kategori kecuali desktop, itu artinya Linux ada di bermacam aspek seperti server, smartphone, tablet, dan seterusnya. Namun Linux Foundation tidak mengatakan apapun mengenai mobil, dan software Microsoft di mobil berjumlah lumayan. Sepertinya Toyota ingin membantu Linux untuk melawan Microsoft di pasar yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda