Scroll to Top

Wanita Penderita Gagal Ginjal Berpeluang Alami Disfungsi Seksual

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 07 Apr 2012

sakit ginjal

Wanita yang menderita gagal ginjal dan mesti melakukan tindakan pembersihan darah (dialisis) secara kontinyu, dimungkinkan akan mengalami masalah seksual dalam hidupnya. Pasien dialisis sering mengalami nyeri, depresi, gangguan tidur, dan kelelahan yang dapat memengaruhi kualitas hidup. Hal ini secara psikologis cukup mengganggu, termasuk dalam urusan seks. Mereka tidak sejahtera psikisnya.

Penelitian yang dilakukan Giovanni Strippoli, MD, PhD dari Diaverum AB and Consorzio Mario Negri Sud, Italy, dan timnya dari  Collaborative Depression and Sexual Dysfunction in Hemodialysis Working Group  menunjukkan, sekitar 84 persen dari 659 wanita pasien dialisis mengalami masalah disfungsi seksual. Sedangkan, ada 55 persen wanita aktif yang juga pasien dialisis mengalami hal sama.

“Dengan studi ini, kami menjelaskan kondisi disfungsi seksual yang sangat sering pada wanita dialisis. Ini layak untuk mendapatkan perhatian dan penelitian lebih lanjut, karena intervensi spesifik belum tersedia untuk mengatasinya,” kata Dr Strippoli, seperti dikutip Times of India.

Sementara itu, masalah disfungsi seksual ini lebih sering dialami oleh wanita gagal ginjal yang usianya lebih tua. Mereka juga diketahui kurang berpendidikan, depresi, telah menopause, mengalami diabetes, dan mengambil terapi diuretik. Pasien dialisis dari wanita yang lebih muda juga bisa mengalami hal yang sama lebih cepat.

Penelitian ini dimuat dalam Clinical Journal of American Society Nephrology (CJASN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda