Scroll to Top

Youtube Mulai Konversi Video HD Ke Format 3D

By Ditya / Published on Saturday, 07 Apr 2012

Video 3D

Saat ini teknologi 3D di dunia film saat ini sedang naik popularitasnya, bahkan film lama seperti Titanic dirilis ulang dalam format 3D.

YouTube, situs hosting dan streaming video miliki Google ini juga tidak mau kalah untuk menawarkan fitur video 3D.

Baru-baru ini, YouTube mengumumkan bahwa mereka meluncurkan fitur baru yang secara otomatis mengkonversi semua video HD 1080p ke format 3D.

Fitur ini hanya tersedia untuk video berdurasi pendek saja. Pada dasarnya, pengaktifan fitur 3D dari video ini menggunakan cara yang sama ketika Anda mengubah pengaturan kualitas video.

Anda juga memerlukan kacamata 3D untuk menikmati efek 3D dari video yang dtayangkan, layaknya menonton film 3D di bioskop.

Situs video besutan Google ini pertama kali melakukan pengujian tahap beta untuk fitur 3D ini pada bulan September 2011.

Sejak melakukan pengujian tersebut, tim YouTube mengatakan bahwa mereka terus menerus bekerja untuk meningkatkan kualitas video 2D yang kemudian dikonversi menggunakan beberapa teknik.

Dalam sebuah posting blog, YouTube menjelaskan teknik konversi video ke format 3D sebagai berikut :

  • Menggunakan kombinasi dari karakteristik video, seperti warna, tata ruang dan gerak -untuk memperkirakan peta kedalaman setiap frame dari urutan video monoscopic.
  • Menggunakan mesin untuk mempelajari peningkatan jumlah video di YouTube dan mempelajari karakteristik video 3D dan menerapkannya dengan estimasi.
  • Menggunakan peta kedalaman yang dihasilkan dan frame monoscopic asli untuk membuat efek 3D stereo kanan dan kiri.

Seperti yang dikutip dari VentureBeat, fitur baru dari YouTube ini merupakan langkah cerdas mengikuti perkembangan film 3D yang saat ini sedang populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda