Scroll to Top

Papan Catur Robot, Bermain Catur via Koneksi Internet

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Apr 2012

Papan Catur RobotJika Anda salah satu penggemar film Harry Potter, pasti mengetahui permainan catur sihir yang pernah dimainkan Ron Wesley.

Bidak catur bergerak dengan sendirinya mengikuti perintah ‘majikannya’. Sang pemain tak perlu menyentuh bidak tersebut.

Nah, untuk permainan catur yang satu ini hampir mirip dengan catur sihir ala Harry Potter. Bidak catur bergerak sendiri sesuai dengan perintah pemainnya.

Catur ini dimainkan di sebuah papan catur robot. Sebuah video di Youtube menunjukkan bagaimana dua orang bertanding catur namun tanpa bertatap muka.

Mereka hanya terhubung melalui koneksi internet. Ketika pemain bidak putih menginginkan pionnya berjalan, maka secara otomatis bidak tersebut berpindah tempat.

Papan catur robot menggunakan semacam alat yang ditanamkan di bawah papan catur yang memungkinkan bidak-bidak catur bergerak secara otomatis.

Namun bidak-bidak ini tidak bergerak dengan sendirinya. Sebuah input diberikan sebelumnya oleh sang pemberi perintah.

Papan catur robot menggunakan sebuah magnet. Tapi yang mengundang decak kagum, bagaimana bidak ini mampu berpindah hanya dengan sebuah input yang terkoneksi melalui internet.

Teknologi yang digunakan pada papan catur robot ini masih menjadi teka-teki. Belum ada penjelasan bagaimana prosesnya.

Kabarnya, papan catur robot tersebut dikembangkan oleh mahasiswa di sebuah unversitas terkemuka sebagai rencana proyek akhir tahun mereka.

Penasaran dengan permainan catur sihir Harry Potter di zaman internet? Sila lihat cuplikannya dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda