Scroll to Top

iPhone dan iPad Lebih Berharga daripada Ginjal!

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 07 Apr 2012

iPad iPhoneSiapa yang tidak menginginkan sebuah gadget canggih. Sebut saja iPad atau iPhone. Celakanya, mereka akan melakukan apapun demi mendapatkan perangkat ini.

Jika Anda sangat mengidam-idamkan memiliki gadget iPhone dan iPad, jangan meniru aksi nekat pemuda China yang satu ini.

Entah apa yang ada di benak Wang. Tidak memiliki cukup dana untuk membeli gadget idamannya, ia nekat menjual ginjalnya ke perdagangan gelap.

He Wei, sang ‘makelar’ ginjal, menghubungi Yin Sheng untuk mencari donatur. Dari seorang kawan yang bernama Tang Shimin, sebuah ruang operasi berhasil dipinjam.

Su Kaizong, kontraktor departemen urologi rumah sakit di China, berhasil diyakinkan oleh He Wei. Ia dan Song Zhongyu, seorang ahli bedah mulai melakukan operasi transplantasi ginjal ilegal.

Wang, klien He Wei berhasil ‘mendonorkan’ ginjalnya pada bulan April tahun lalu. Ia adalah siswa sekolah menengah atas yang baru berusia 17 tahun dari provinsi Anhui.

Wang menerima Rp 31 juta. Sedangkan He Wei sebagai ‘broker’ ginjal mengantongi Rp 317 juta. Uang ini juga dibagikan pada teman-teman He Wei yang membantunya dalam operasi transplantasi ginjal tersebut.

Kasus ini terkuak ketika ibunda Wang bertanya darimana iPhone dan iPad baru yang ia miliki. Wang yang kondisinya memburuk akhirnya mengaku.

Departemen Kesehatan China sendiri dalam laporannya mencatat ada sekitar 1,5 juta orang yang memerlukan transplantasi ginjal.

Namun hanya 10 ribu dari mereka yang beruntung mendapatkannya. Inilah yang mengakibatkan maraknya perdagangan ginjal ilegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda