Scroll to Top

Zaragoza vs Barcelona 1-4: Jarak Sementara Tiga Poin

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 08 Apr 2012

Real Zaragoza harus membayar mahal kegagalan mereka mengeksekusi penalti. Sempat unggul 1-0 atas juara bertahan, Zaragoza akhirnya harus menyerah dengan skor telak 1-4. Lionel Messi mencetak 2 gol. 1 di antaranya penalti.

Zaragoza vs Barcelona 1-4

Bertanding di La Romareda, Barcelona mengandalkan sejarah yang menuliskan bahwa mereka belum pernah kalah di stadion ini sejak tahun 2007. Namun, suasana sempat mencekam pasukan Josep Guardioladi menit 24. Zaragoza mendapatkan penalti buah dari pelanggaran Victor Valdes atas Angel Lafita.

Ditunjuknya Carlos Aranda sebagai eksekutor sempat membubungkan asa La Romareda untuk mendekati posisi Villarreal. Namun, Valdes sukses mengatasi tembakan si nomor 7. Bola rebound yang disambar tandukan Javier Paredes juga bisa diamankan oleh kiper berpengalaman ini.

Aranda tidak mau kecewa terlalu lama. Enam menit setelah gagal mengeksekusi tendangan 12 pas, ia sukses mengoyak gawang Valdes. Berawal dari tembakannya dari sudut sempit, Aranda mendapati Valdes kembali berhasil menggagalkan upayanya. Namun, bola mentah tersentuh kaki Javier Mascherano dan mengalir sekali lagi kepada Aranda. Tanpa kesalahan, ia sukses menanduk bola sekaligus membuat La Romareda bergairah. 1-0.

Barcelona menyamakan kedudukan lewat seorang yang tak biasa melakukannya. Sang kapten Carles Puyol menjadi titik awal kebangkitan El Barca. Memanfaatkan kesalahan kiper Roberto Gago dalam mengantisipasi tendangan sudut, Puyol menembakkan bola ke gawang yang yang sudah ditinggalkan kiper tuan rumah.

Selang tiga menit, giliran Lionel Messi yang mencetak gol dengan cara sensasional. Messi mengolah bola dengan tiga sentuhan untuk melewati Paulo da Silva sebelum melesatkan tendangan keras ke sudut dekat gawang.

Zaragoza semakin menengggelam ketika di ujung babak pertama, Abraham Minero menerima kartu merah setelah melanggar Alexis Sanchez. Bermain dengan 10 orang, tuan rumah akhirnya harus terbobol dua kali di babak kedua.

Lionel Messi mengajarkan pentingnya tendangan penalti bagi Zaragoza. Menit 85, Alexis Sanchez dijatuhkan oleh Javier Paredes di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih. Lionel Messi seperti biasa menjadi eksekutor; dan Roberto Gago menerka bola ke arah yang salah. Ini adalah gol ke-38 Messi di Liga Spanyol.

Barcelona akhirnya meninggalkan La Romareda dengan tawa lebar setelah Pedro Rodriguez mencetak gol di menit terakhir. Pemain yang mandul lebih dari enam bulan di Liga Spanyol ini menerima umpan matang dari Lionel Messi sebelum menghajar bola ke sudut gawang Zaragoza.

Kemenangan 1-4 membawa El Barca sementara tinggal berjarak tiga poin dari Real Madrid. Sementara, Zaragoza yang pagi ini juga kehilangan sosok Manolo Jimenez yang diusir wasit di menit 47, harus siap-siap berlaga di Segunda Division musim depan.

Zaragoza Barcelona
14(5) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 14(7)
22 Pelanggaran 13
2 Tendangan Sudut 9
4 Offside 4
23% Ball Possession 77%
4 Kartu Kuning 5
1 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda