Scroll to Top

Rayo Vallecano vs Osasuna 6-0: Pembantaian di Vallecas

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 08 Apr 2012

Upaya Osasuna untuk terus bertahan di zona Europa League terancam pupus. Bermain di kandang lawan, Campo de Fútbol de Vallecas, klub penakluk Barcelona ini dibumihanguskan oleh rekan sekota Real Madrid, Rayo Vallecano.

Rayo Vallecano vs Osasuna 6-0

Kedua klub sama-sama babak belur di pekan sebelumnya. Osasuna dibantai oleh Real Madrid di kandang sendiri 1-5 sedangkan Rayo dirusak oleh Real Sociedad 4-0. Banyak yang memprediksi, kemenangan dengan skor tipislah yang akan hadir ke kubu tuan rumah yang dimotori oleh Michu atau Miguel Perez Cuesta, salah satu gelandang tersubur Spanyol.

Osasuna langsung meredup lima menit setelah kick-off. Jose Maria Movilla sukses membuka keunggulan Rayo setelah tendangan bebas Piti dimentahkan oleh Andres Fernandez.  Bola meluncur pada sang kapten dan Movilla memilih sudut bawah gawang Osasuna.

Selang 12 menit, prahara kembali menimpa lini pertahanan tim tamu. Tito mengirimkan umpan silang yang disambar tandukan Michu. Bola yang melesak ke tengah gawang tak mampu diamankan oleh Andres Fernandez.

Trauma atas 5 gol yang disarangkan Real Madrid dan dua gol cepat Rayo tampaknya yang menjadi kendala besar Osasuna. Menit 28, Andres Fernandez kembali harus menderita. Memanfaatkan aksi Diego Costa, Michu menjadi momok bagi pertahanan Osasuna dengan tendangan kaki kanannya. Ini adalah gol ke-15 Michu dalam 30 penampilan di Liga Spanyol.

Diego Costa melengkapi keunggulan Rayo di babak pertama di menit 36. Tendangan kerasnya dari sisi kanan pertahanan Osasuna melesak ke sudut kiri gawang Andres Fernandez.

Tertinggal 4-0, pelatih Osasuna, Jose Luis Mendilibar berusaha memperbaiki keadaan. Dikirimnya tiga pemain pengganti sekaligus di babak kedua. Termasuk, Ibrahima Balde yang lebih ‘tajam’ daripada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Alih-alih memperkecil keadaan untuk menyelamatkan muka, Osasuna kembali digelontor oleh tuan rumah.

Michu lagi-lagi yang menjadi terdakwa penghancur klub Pamplona. Kerja kerasnya bisa dimanfaatkan oleh Emiliano Armenteros. Tendangan kaki kiri gelandang kelahiran 1986 melesak ke sudut kanan bawah Andres Fernandez.

Nasib sial Osasuna menjadi-jadi ketika Tito mencetak gol keenam Rayo di menit 80. Aksi gemilang Fernandez menepis tembakan Diego Costa dan Michu sia-sia ketika bola mengarah pada bek bernama lengkap Roberto Román Triguero. Ini adalah gol pertama Tito di Primera Division.

Rayo Vallecano sukses mendapatkan 3 angka untuk mengerek mereka ke posisi 11 dengan total 40 poin. Hitung-hitungan di Liga Spanyol, sebuah tim akan lolos dari degradasi jika mengumpulkan 41 poin. Satu angka rasanya hal yang cukup mudah dalam tujuh pertandingan terakhir bagi klub pinggiran kota Madrid.

Sementara, Osasuna untuk ketiga kalinya terbobol dengan skor fantastis di atas lima gol. Sebelumnya, sudah ada Barcelona (8-0) dan Real Madrid (7-1) yang mempecundangi klub yang bermarkas di Reyno de Navarra.

Rayo Osasuna
19(12) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 10(3)
15 Pelanggaran 13
5 Tendangan Sudut 7
1 Offside 2
46% Ball Possession 54%
1 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda