Scroll to Top

Ramon Papana Tulis Buku Biografi Ade Namnung

By Ika / Published on Sunday, 08 Apr 2012

Bila berbicara tentang almarhum Ade Namnung, pasti tak akan bisa lepas dari sosok Ramon Papana. Pria yang mengaku sebagai ayah angkat Ade ini memang merasa sangat dekat dengan komedian tersebut, ia bahkan menuding keluarga Ade tak tahu banyak tentang Ade. Karena memiliki kedekatan itulah Ramon akhirnya berencana untuk membuat sebuah buku biografi tentang pelawak yang melejit lewat ‘Tawa Sutra‘ tersebut.

Ramon

“Menurut saya mereka (keluarga Ade) enggak tahu apa-apa. Toh mereka enggak hidup sama Ade,” kata Ramon. “Banyak sebetulnya yang diceritakan. Bagaimana dia (Ade) memperlakukan keluarganya dan memperlakukan keluarga kami, gimana riwayat dia ketemu saya, dan sebagainya.”

Tak hanya tentang itu saja, Ramon pun siap membeberkan segala sesuatu yang belum diketahui publik, misalnya tentang kapan sebenarnya Ade Namnung dilahirkan. Untuk hal ini, Ramon mengaku punya bukti akta kelahiran.

“Yang mau saya tulis buku biografi Ade di keluarga saya. Tentang kariernya, segala macam, juga tentang misteri orang bilang lahirnya tanggal berapa? Katanya ada yang tahun 74 ada yang tahun 77, 75, 78,” ujar Ramon. “Itu resmi, saya akan lampirkan fotocopy akta kelahiran yang sampai saat ini tidak dimiliki oleh keluarga kandungnya itu.”

Ramon yang mengaku telah 21 tahun hidup bersama Ade inipun menegaskan bahwa ia hanya akan menulis kehidupan Ade saat komedian itu tinggal bersamanya.

“Yang saya ceritakan itu selama 21 tahun dia sama saya. Saya juga tidak akan ceritakan dia waktu bayi. Karena saya enggak tahu dia waktu bayi. Tapi asal usulnya dia, pokoknya what I feel, what I know about Ade Namnung sampai peristiwa hari ini,” kata Ramon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda