Scroll to Top

Lionel Messi Akan Mencetak 74 Gol Musim Ini?

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 08 Apr 2012

Lionel Messi mencetak gol lagi, lagi, dan lagi. Dengan tambahan 2 gol dalam laga melawan Real Zaragoza tadi pagi, penyerang Argentina mengemas 60 gol hanya dalam 50 pertandingan. Sampai kapan ia berhenti mencetak gol?

Lionel Messi

Liga Spanyol

Hingga saat ini Lionel Messi sudah mencetak 38 gol dalam 3o pertandingan di Liga Spanyol. Empat di antaranya dari titik putih. Jika dibuat rata-rata kasar, Messi mencetak 1,27 gol setiap pertandingan. Jika ditambahkan dengan 7 laga berikutnya, bisa jadi sang nomor 10 akan membukukan 46 hingga 47 gol; atau 8-9 gol lebih banyak daripada jumlah golnya saat ini.

Namun, perhitungan kasar ini bukan tidak mungkin salah. Bisa jadi jumlah gol Lionel Messi khusus di Liga Spanyol saja, bisa berlipat lebih banyak. Barcelona masih menyisakan empat laga kandang; melawan Getafe, Real Madrid, Malaga, dan Espanyol.

Cuma Real Madrid yang kemungkinan akan merepotkan El Barca. Messi sendiri sempat memiliki rekor apik ketika bertemu Los Blancos. Sayang, dalam tiga laga El Clasico terakhir tak sebiji gol pun yang dilahirkan sang messiah ke gawang Iker Casillas.

Kalau prediksi gol Messi di kandang cukup positif, demikian pula laga tandang. Levante, Rayo Vallecano, dan Real Betis adalah lawan mereka. Potensi tim tuan rumah menyulitkan El Barca bukan dari Levante, melainkan dari Real Betis yang musim lalu mempecundangi Barcelona 3-1 di Copa del Rey meski berstatus tim Segunda Division.

Bicara kemungkinan gol Messi di laga tandang, keadaan memang sudah berubah daripada awal musim ini. Messi pernah cuma merasakan sekali mencetak gol di luar Camp Nou dalam 8 laga. Namun, dalam 5 laga tandang terakhir, 7 gol bisa diborong sang nomor 10. Lagi-lagi, dengan lawan relatif mudah, jaminan minimal 46 gol terbuka lebar.

Liga Champions

Lain lagi di Liga Champions. Barcelona menyisakan 2 hingga 3 pertandingan (andai lolos ke final). Saat ini Messi menjadi top skorer kompetisi Eropa dengan 14 gol dari 9 pertandingan. Rata-rata Messi mencetak 1,55 gol dalam setiap laga. Andai minimal 2 laga lagi dilakoninya, kemungkinan Messi mampu menambah 3 gol sehingga total ia bisa jadi mencetak 17 gol.

Pertanyaannya, apakah Chelsea akan semudah itu dijebol tiga kali oleh sang mesiah dalam laga home-away? Di sisi lain, jumlah gol Messi bisa bertambah andai Barcelona lolos ke final. Sejauh ini, bersama Pep Guardiola, Lionel Messi hampir selalu mencetak gol ketika Barcelona masuk partai puncak sebuah kejuaraan.

Copa del Rey

Potensi gol Messi di Copa del Rey memang tidak sebaik di Liga Spanyol dan Liga Champions. Dalam 6 laga, Messi baru mencetak 2 gol. Itu pun terjadi di babak 16 besar ketika menjamu Osasuna (menang 4-0). Namun, seperti kasus andai El Barca lolos ke final Liga Champions, Messi biasanya akan mencetak gol, termasuk di final Copa del Rey menghadapi Athletic Bilbao. Musim ini, dalam dua pertemuan dengan Bilbao, Messi selalu mencetak gol.

Jika hitungan kasar di atas digabungkan, maka, dari 10–11 pertandingan tersisa yang akan dijalani Lionel Messi dan Barcelona, minimal akan ada 12-14 gol yang tercipta dari sang nomor 10. Artinya, 72 hingga 74 gol siap dilepaskan sang mesiah hingga akhir musim. Mungkinkah hal ini terjadi?

Sisa Lawan Barcelona

11 April 2012 Barcelona vs Getafe (Liga Spanyol)
15 April 2012 Levante vs Barcelona (Liga Spanyol)
19 April 2012 Chelsea vs Barcelona (Liga Champions)
22 April 2012 Barcelona vs Real Madrid (Liga Spanyol)
25 April 2012 Barcelona vs Chelsea  (Liga Champions)
30 April 2012 Rayo Vallecano vs Barcelona  (Liga Spanyol)
3 Mei 2012 Barcelona vs Málaga (Liga Spanyol)
7 Mei 2012 Barcelona vs Espanyol (Liga Spanyol)
14 Mei 2012 Real Betis vs Barcelona (Liga Spanyol)
———————————————————————————-
20 Mei 2012 Barcelona/Chelsea vs Real Madrid/Bayern Muenchen (Liga Champions)
———————————————————————————-
26 Mei 2012 Athletic Bilbao vs Barcelona (Copa del Rey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda