Scroll to Top

Nvidia Tegra 4 Diluncurkan 2013?

By Ditya / Published on Sunday, 08 Apr 2012

Asus Transformer

Produsen chip grafis GeForce, Nvidia dikabarkan sedang mengembangkan prosesor ultra mobile generasi ke empat untuk menggantikan Tegra 3, yaitu Tegra 4.

Saat ini, Nvidia mengandalkan chip quad-core Tegra 3 yang terdiri dari 4 core ARM9 dan dilengkapi dengan grafis GeForce ULP.

Secara teknis, Nvidia menyebut chip Tegranya dengan quad-core plus 1, tambahan satu core yang disebut core companion yang bekerja untuk tugas-tugas ringan dan menghemat baterai.

Performa grafis Tegra 3 sendiri sempat dijadikan basline perbandingan dengan chip A5X oleh Apple berbuntut protes dari Nvidia.

Tak seperti kabar sebelumnya, sebuah sumber mengatakan bahwa Nvidia saat ini sedang mengembangkan Tegra 4 yang diperkirakan memiliki spesifikasi quad-core ARM Cortex A15 bukan 8 core.

Jika memang benar menggunakan desain ARM Cortex A15, maka Tegra 4 dipastikan jauh lebih cepat dibanding Tegra 3 yang saat ini digunakan pada tablet Asus Transformer.

Seperti yang dikutip dari CNET, Nvidia diperkirakan akan meluncurkan chip Tegra 4 pada kuartal pertama tahun 2013.

Sumber lain mengatakan bahwa Nvidia akan meluncurkan Tegra 4 pada kuartal ketiga tahun 2013 yang ditujukan untuk tablet 10 inci.

Sumber dari VR-Zone, Tegra 4 akan mendukung LTE (Long Term Evolution) atau sering disebut dengan jaringan 4G dengan dukungan chip SP3X. Chip SP3X tersebut sampai saat ini masih misteri, belum banyak informasi menegai chip tersebut.

Belum ada informasi resmi dari Nvidia terkait spesifikasi dan kapan peluncuran chip Tegra 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda