Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Sevilla 1-0: Kemenangan Pertama dalam Enam Laga Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Apr 2012

Athletic Bilbao terbiasa bermuka dua musim ini. Rentan seri di kompetisi domestik, tapi nyaris selalu menang di Copa del Rey dan Europa League. Menghadapi Sevilla yang tengah merangkak naik, pasukan Marcelo Bielsa akhirnya meraih tiga angka pertama dalam enam pertandingan terakhir.

Bilbao vs Sevilla 1-0

Hari ini Katedral, julukan Stadion San Mames, menghujani tim Basque dengan berkah. Absennya Javi Martinez mampu diisi dengan baik oleh Borja Ekiza. Dengan formasi 4-2-3-1 klasik, mengandalkan seorang Fernando Llorente di puncak serangan dan Markel Susaeta plus Iker Muniain di posisi sayap, Bilbao mencoba untuk membongkar pertahanan Sevilla.

Sevilla sendiri datang ke San Mames bukan untuk bertahan. Apalagi Alvaro Negredo digadang-gadang memiliki misi lain. Si nomor 9 Sevilla diyakini akan bertarung ketat dengan nomor 9 Bilbao Fernando Llorente untuk mengincar posisi penyerang utama Spanyol di Euro 2012.

Sevilla mendapatkan tiga hingga empat peluang di lima menit pertama. Namun, Bilbao yang sukses memberikan tekanan mental ketika tembakan Fernando Llorente di menit 28 masih membentur mistar gawang. Bertukar serangan, hal inilah yang terjadi sepanjang babak pertama di San Mames.

45 menit kedua dimulai dengan aksi menawan. Umpan Iker Muniain mengarah pada Markel Susaeta di sisi kiri pertahanan Sevilla. Susaeta segera mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Llorente dengan sempurna menanduk bola yang tak mampu lagi diantisipasi lagi oleh Andres Palop. 1-0.

Sevilla mulai kehilangan kendali dalam memburu angka penyeimbang. Maka, Bielsa pun berani mencopot para pemain kunci. Oscar de Marcos, Fernando Llorente, dan Ander Herrera sudah duduk di bangku cadangan ketika laga bergulir satu jam lebih lima menit.

Bukan berarti Bilbao tak lagi mengancam gawang Palop. Di ujung laga, Mikel San Jose nyaris menjadi pahlawan. Sayang, tembakannya yang menyusul aksi brilian Iker Muniain melewati tiga pemain Sevilla, tidak bisa menghindari mistar gawang.

1-0, kemenangan krusial untuk Athletic Bilbao setelah kesuksesan di Eropa. Mereka sementara naik ke posisi 11 dengan 41 poin. Sementara, Sevilla tertahan di peringkat delapan dengan 42 poin.

Bilbao Sevilla
18(6) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 17(3)
14 Pelanggaran 12
4 Tendangan Sudut 3
6 Offside 1
57% Ball Possession 43%
4 Kartu Kuning 4
0 Kartu Merah 0
3 Penyelamatan 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda