Scroll to Top

Yang Perlu Anda Lakukan Saat Periksa ke Dokter

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Apr 2012

Berkunjung ke dokter saat sakit sebaiknya jangan hanya pasrah menerima yang dikatakannya. Sebenarnya pertemuan itu bisa Anda buat makin berkualitas. Caranya, galilah berbagai informasi tentang seluk beluk penyakit Anda. Itu akan menambah pengetahuan dan membuat Anda lebih mawas diri di kemudian hari.

konsultasi-dokter

Anda juga bisa konsultasi berbagai macam keluhan yang dirasakan berkenaan dengan kesehatan. Selain itu, bersikaplah kooperatif ketika berkomunikasi dengan dokter.  Dikutip dari She Knows, berikut ini berbagai hal yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke dokter:

  • Banyak bertanya. Bukan sembarang pertanyaan yang diajukan. Anda bisa menanyakan tentang riwayat kesehatan Anda. Misalnya tentang gejala sakit yang Anda alami, penyebabnya keluhan Anda, daftar obat dan vitamin yang dikonsumsi, hingga ke saran-saran dari dokter untuk Anda. Aktiflah selama berhadapan dengan dokter.
  • Jujur. Apa pun yang menjadi keluhan Anda, sampaikan kepada dokter. Jangan sampai Anda sembunyikan gejala-gejala penyakit karena Anda sudah ketakutan terlebih dahulu, misalnya gejala kanker. Justru kalau Anda tidak berterus terang, penyakit Anda bisa bertambah parah. Keterangan yang lengkap dari Anda akan membantu dokter menegakkan diagnosa.
  • Siapkan hasil tes pendukung diagnosa. Sewaktu Anda kontrol kesehatan yang memerlukan hasil tes dari laboratorium atau radiologi, bawa selalu hasil tes itu sebagai petunjuk buat dokter. Siapkan pula catatan daftar obat yang biasanya diberikan dokter agar dia dapat menentukan penanganan buat Anda selanjutnya. Seluruh informasi riwayat kesehatan tersebut sangat diperlukan dalam pemeriksaan.
  • Tanyakan hal yang kurang jelas atau ingin dimengerti. Mungkin Anda hanya terkesima saat dokter menggunakan bahasa medis yang awam. Jika Informasi yang Anda perlukan tidak bisa dipahami utuh, jangan malu bertanya kepada dokter untuk menjelaskan dalam bahasa yang mudah Anda mengerti. Kalau perlu, bawalah teman saat periksa untuk memastikan tidak ada miskomunikasi antara Anda dan dokter.
  • Menindaklanjuti jika ada masalah. Barangkali setelah Anda di rumah ada hal yang kurang dimengerti atau Anda mendapati efek samping pada obat yang diresepkan dokter. Jangan ragu untuk segera mengontak dokter Anda dan meminta solusi dari dia. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menyimpan nomor pribadi dokter langganan Anda selama ini. Dokter yang profesional pasti akan membantu Anda sekali pun lewat telepon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda