Scroll to Top

Inilah Alasan Bagi Anda untuk Berolahraga

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Apr 2012

bermain bola basket

Berolahraga itu kalau tidak dipaksakan biasanya tidak akan dilakukan. Apalagi dengan beban rutinitas yang begitu banyak, olahraga dianggap hanya aktivitas sampaikan. Padahal, dengan olahraga ringan saja, sudah mampu membuat badan Anda bugar dan sehat dari sisi fisik hingga mental.

Pekerjaan yang penuh waktu dari pagi hingga sore kerap menyisakan kelelahan di malam hari. Saat libur pun lebih banyak dipakai untuk istirahat agar keesokan harinya lebih segar untuk bekerja kembali. Kalau saja Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga, inilah beberapa efek yang akan Anda rasakan:

  • Mengurangi risiko penyakit kronis. Gaya hidup kurang gerak biasanya mengakibatkan orang gampang makan tapi tidak banyak kalori terbuang. Akibatnya, kolesterol bertambah dan risiko terkena stroke meningkat. Itu belum ditambah risiko serangan jantung koroner dengan tingginya kolesterol dan tekanan darah. Olahraga bisa mengurangi risiko penyakit tersebut sekaligus turut mencegah penyakit kanker, depresi, tekanan radang sendi, hingga diabetes. Cobalah berusaha membakar 500 kalori tiap hari.
  • Memperbaiki mood dan menurunkan stres. Selama berolahraga, hormon oksitosin meningkat. Anda akan memperoleh mood yang lebih baik saat itu. Anda tampak lebih tenang dan bahagia. Stres yang membelenggu hari Anda akan menurun dan membuat Anda optimis kembali.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Orang yang punya kebugaran tubuh lebih baik, juga memiliki kepercayaan diri lebih tinggi. Dia memandang masa depannya dengan lebih baik.
  • Punya banyak energi. Meski berolahraga menguras energi, namun “energi” dari kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Kekuatan otot turut  meningkat dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Saat Anda sudah rutin berolahraga, cobalah sesekali adu kekuatan tubuh dengan orang lain yang jarang olahraga. Bertandinglah adu lari dengan jarak tempuh tertentu. Pastinya, Anda yang lebih mampu mencapai finish dengan kondisi tubuh tidak ngos-ngosan. Energi Anda semakin bertambah besar.
  • Mengembalikan gairah seksual. Olahraga memberikan kondisi fisik dan mood lebih baik. Hal ini berpengaruh dalam kehidupan seksual seseorang. Peredaran darah yang lancar turut membantu mengembalikan gairah Anda.
  • Memudahkan tidur lelap. Jarang orang yang rutin berolahraga mengalami masalah untuk tidur. Dia akan mendapatkan tidur berkualitas dalam hidupnya. Tidur menjadi modal yang baik untuk menjalani waktu panjang di keesokan hari.

Jangan tunda lagi untuk berolahraga. Jadilah sehat dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda