Scroll to Top

Awas, Media Sosial Jadi Alat Trafficking!

By Ibnu Azis / Published on Monday, 09 Apr 2012

human trafficking

Media sosial adalah media rakyat. Media ini jika digunakan dengan maksimal akan memiliki efek dahsyat sesuai tujuan dan maksud pengguna.

Ingat cerita Prita Mulyasari dan Bibit Chandra Cicak Buaya? Kasus ini dapat diselesaikan lewat dukungan media sosial.

Norman Camaru, Eka Frestya, dan Saeful Bachri, juga moncer melalui media sosial. Tapi ingat, media sosial juga dapat digunakan sebagai modus kejahatan.

Setidaknya ini himbauan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Mereka menduga, media sosial menjadi modus trafficking atau perdagangan orang.

“Mereka menggunakan media sosial sebagai alat untuk menjaring korban. Dari media sosial korban akan dideteksi selanjutnya tinggal menciduknya saja,” papar Sri Danti, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kejahatan di media sosial bukan terjadi sekali atau dua kali. Rata-rata korban cybercrime via media sosial didominasi oleh anak-anak ABG.

“Kami berharap orangtuan mengawasi dan mendampingi anak-anak tatkala bermin media sosial. Tekankan pada mereka untuk tidak terbujuk akan iming-iming sesuatu,” Sri Danti menambahkan.

Bareskrim Kepolisian Republik Indonesia mengatakan jika dari tahun 2009 hingga 2011 telah terjadi 373 kasus perdangan orang dengan korban sebanyak 440 orang dewasa dan 192 anak-anak.

Dan dari ratusan kasus ini pelaku yang berhasil ditangkap mencapai 450 orang. Menurut Sri Danti, tidak cukup Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang seorang dalam menindak trafficking.

“Pemerintah disini tidak dapat bertindak sendiri. Dukungan masyarakat dan orangtua wajib diberikan serta support dari organisasi masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda