Scroll to Top

Bekas Engineer Intel Curi Dokumen Sebelum Pindah Ke AMD

By Ditya / Published on Monday, 09 Apr 2012

Intel Logo

Seorang mantan insinyur Intel dinyatakan bersalah setelah terbukti mencuri dokumen rahasia dari produsen prosesor nomor satu, Intel.

Menurut laporan Bloomberg, mantan insinyur Intel tersebut bernama Biswamohan Pani, 36 tahun dari Chelmsford, Mass. Pani bekerja di Intel di pabrik manufaktur chip Intel di Hudson, Mass.

Biswamohan Pani menjadi tersangka dengan tuduhan mencuri dokumen rahasia berisi informasi sensitif yang disinyalir digunakan untuk memajukan karirnya di perusahaan kompetitor Intel, AMD (Advanced Micro Devices).

Pada tanggal 29 Mei 2008, Pani memberikan pemberitahuan pada Intel berupa surat pengunduran diri, dengan hari terakhirnya tanggal 11 Juni dan Pani mulai bekerja di AMD pada tanggal 2 Juni.

“Meski Biswamohan Pani telah meninggalkan Intel, namun dia tetap mempertahankan akses ke sistem data Intel,” menurut jaksa.

Seperti yang dikutip dari CNET, Biswamohan Pani mendownload data yang bersifat sensitif dan rahasia dari Intel melalui akses data yang masih dia miliki.

Menurut Departemen Kehakiman, data yang didownload Pani berhubungan dengan manufaktur dan desain chip.

Menurut beberapa sumber, nilai dokumen rahasia Intel yang ditemukan dirumahnya senilai $200 juta dan $400 juta.

FBI membantu memulihkan data tersebut dan menurut laporan, AMD juga membantu bekerja sama dalam penyelidikan mengenai pencurian dokumen, dan tidak ada bukti yang menunjukan bahwa AMD salah.

Menurut kabar, Biswamohan Pani akan menghadapi ancaman penjara hingga 20 tahun dengan tuduhan penipuan. Hukuman dijadwalkan mulai 8 Agustus mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda