Scroll to Top

Intel Knight Corner, Super Prosesor Intel Dengan 50 Core!

By Ditya / Published on Monday, 09 Apr 2012

Super Komputer

Raksasa prosesor, Intel, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan super prosesor dengan kode nama “Knight Corner” (KNC) yang terdiri dari multi-core chip hingga 50 core.

Kabarnya, chip Knight Corner ini ditujukan untuk super komputer dan diperkirakan akan hadir di tahun 2013.

“Knight Corner adalah chip yang hebat yang akan kami luncurkan sesuai jadwal internal kami. Saat ini kami belum mengungkapkan mengenai detail produksi dan tanggal peluncuran super chip Knight Corner,” kata Radoslaw Walczyk, juru bicara Intel.

Knight Corner memiliki lebih dari 50 core dan mampu memberikan kinerja hingga 1 terraflops floating point presisi ganda. Saat ini akselerator paralel paling cepat adalah Nvidia Tesla 2090 dengan kinerja jauh di bawah Knight Corner, hanya 665 gigaflops atau 0,665 terraflops.

Intel sedang menyiapkan super komputer dengan target kinerja hingga 10 petaflops dengan sebutan “Stampede“.

Stampede diperkirakan selesai pada awal tahun 2013, Stampede terdiri dari ribuan komputer server Dell Zeus dengan masing-masing ditenagai 2 prosesor Intel Xeon E5 8-core dengan memory 32GB.

Stampede akan diintegrasikan dengan ribuan Intel Knight Corner dan 128 kartu grafis dari Nvidia Quadro.

Ribuan prosesor Intel Xeon akan menghasilkan tenaga puncak 2 petaflops dan ribuan Knight Corner akan menambah kinerja hingga 8 petaflops.

Stampede akan menjadi super komputer pertama yang ditenagai oleh chip Knight Corner dengan kinerja 10 petaflops, memori 272 TB dan kapasitas penympanan 14 PB.

Seperti yang dikutip dari Xbitlabs, Stampede ini akan menjadi salah satu super komputer tercepat di dunia saat dia selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda