Scroll to Top

Athletic Bilbao Klub Terbanyak Mencetak Gol Lewat Sundulan Kepala

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 09 Apr 2012

Iker Muniain mengirim bola melebar kepada Markel Susaeta. Sang nomor 14 dengan tepat melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti Sevilla. Fernando Llorente, seperti biasa, unggul dalam bola-bola atas dari bek Sevilla. Tandukan si nomor 9 mengoyak gawang Andres Palop sekaligus menjadi gol tunggal kemenangan Athletic Bilbao.

Bilbao vs Sevilla 1-0

Bukan masalah kemenangan pertama setelah enam laga. Namun, masalah kepala.

Dengan satu gol dalam laga melawan Sevilla, Bilbao total mencetak 45 gol dalam 31 pertandingan. 17 di antaranya berasal dari tandukan kepala. Artinya, 38% gol pasukan San Mames berasal dari penyelesaian sempurna bola-bola udara. Terbaik di antara deretan 20 klub di Primera Division.

Khusus Llorente, ini adalah gol kedelapannya melalui sundulan kepala hanya dalam musim ini saja di Liga Spanyol. Padahal, pundi-pundi gol penyerang internasional Spanyol baru mencapai 15 gol. 53,33% gol si nomor 9 berasal dari kepalanya.

Hal yang sekilas terlihat lumrah dengan tinggi badan Llorente yang menjulang: 193 cm. Namun, tetap saja superior. Llorente menjadi yang tersubur di antara seluruh penyerang Liga Spanyol musim ini urusan tanduk-menanduk bola.

Fernando Llorente sendiri saat ini memegang rekor sebagai pemain Primera Division (yang masih aktif berlaga) paling subur dalam mencetak gol dengan kepala. Sepanjang karier, Llorente sudah mencetak 36 gol. Setara dengan Walter Pandiani, mantan pemain Deportivo La Coruna yang sekarang bermain untuk Espanyol.

Lebih jauh, musim 2011/2012 menjadi musim terproduktif bagi Fernando Llorente. Sebelumnya, rekor paling impresif terjadi pada musim 2009/2010 ketika ia mampu mencetak 23 gol dalam 50 laga.

Saat ini, koleksi Llorente sudah menembus 26 gol dengan penampilan yang lebih sedikit: 46 kali. Selain 15 gol di Liga Spanyol, Llorente sudah membuat 5 gol di Copa del Rey dan 6 di Europa League.

Bilbao masih menyisakan 10 hingga 11 pertandingan musim ini (andai lolos ke final Europa League). Sebuah garansi bahwa pemain kelahiran Pamplona akan menjadi teror bagi kiper lawan; terutama melalui tandukan akuratnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda