Scroll to Top

Kebiasaan Sehat Harian yang Sebaiknya Anda Kerjakan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Apr 2012

bangun pagi

Mau sehat itu perlu pengorbanan. Anda tidak bisa asal-asalan jika tidak ingin tubuh sakit. Semua ada aturan mainnya. Selain faktor eksternal, upaya mencegah sakit dari diri sendiri perlu dilakukan. Dan, menjaga keseharian dengan kebiasaan sehat adalah solusi untuk pencegahan sakit.

Dikutip dari She Knows, kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi makanan sehat. Hindari junk food, gorengan, dan jenis makanan lain yang memberikan risiko kesehatan bagi tubuh. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, protein, dan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh. Junk food dan gorengan biasanya memberikan andil dalam memberikan kolesterol jahat bagi tubuh. Beda halnya dengan sayuran atau buah-buahan yang justru membuat Anda terhindar dari kanker, masalah koroner, dan berbagai penyakit lain.Makanan sehat pilihannya banyak. Jadi jangan ragu untuk menyantapnya sesuai selera Anda.
  • Olahraga rutin. Manfaat olahraga sudah tidak dipertanyakan lagi dalam membantu tubuh lebih sehat. Mulai dari terkontrolnya berat badan, menurunkan stres, membuat percaya diri, menguatkan otot, dan sebagainya. Jadikan olahraga sebagai menu kebiasaan sehari-hari.
  • Menjaga kesehatan kulit. Kulit sehat tidak kalah pentingnya buat Anda. Saat kulit terawat, Anda mendapatkan efek penuaan yang lebih lambat. Menjaga kulit bisa dari luar dan dalam. Perawatan dari luar bisa dilakukan dengan menggunakan lotion atau tabir surya saat berada di luar ruangan. Perawatan dari dalam, bisa dengan mengonsumsi buah dan sayur yang dapat menjaga elastisitas kulit. Banyak dari sayuran dan buah  memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat sebagai “zat penunda tua”.
  • Memiliki jam tidur teratur. Jangan remehkan tidur. Aktivitas mengistrirahatkan tubuh ini bisa mengembalikan energi, sekaligus memulihkan sel tubuh yang rusak. Tidur juga meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan sakit. Otak akan lebih mudah berkonsentrasi saat tubuh cukup tidur. Kurang tidur menyebabkan kenaikan berat badan, memengaruhi metabolisme tubuh, kurang konsentrasi, dan memperburuk mood.
  • Menekuni hobi. Hobi membantu Anda melepas pikiran dari stres, sekaligus emmberikan efek kepuasan dalam diri. Dengan demikian, Anda bisa mengatur emosi Anda dan tidak terjebak dalam depresi yang merusak tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda