Scroll to Top

Tinggal Klik, Anda Pun Tahu Waktu Sholat Selama di Pesawat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Apr 2012

Bagi orang Islam yang kerap berpergian dengan pesawat terbang ke tempat yang berbeda zona waktu, mungkin akan kebingungan menentukan waktu sholat. Pasalnya, mereka mesti menyesuaikan diri dengan waktu sholat di daerah tujuan yang berbeda dengan di tempat asal. Sebagian mereka pun akhirnya menunda sholat di pesawat hingga akhirnya tiba di bandara untuk mencari informasi waktu sholat.

pesawat haji

Jika demikian, maka akan ada penundaan sholat. Padahal, sebenarnya sholat bisa dilakukan di atas pesawat jika penumpang mengetahui waktunya tiba. Ternyata, hal  ini membuat Abdalhamid Evans gelisah. Menurutnya, aktivitas menunda ibadah ini harus segera dicari solusinya.

“Belakangan saya berpikir mungkin sebaiknya kami melakukan shalat di atas pesawat ketimbang saat tiba di tempat tujuan,” kata Evens, seperti dikutip BBC.

Akhirnya, Evans menemukan caranya. Dia membuat alat Penghitung Waktu Shalat Pelawat Udara. Warga Inggris itu membuat semacam perangkat online yang menyediakan informasi waktu sholat di negara asal, kota tujuan, dan negara yang dilintasi penerbangan.

Evans memanfaatkan algoritma dalam melakukan penghitungan waktu sholat. Umat Islam yang memakainya bisa memastikan waktu sholat mereka menurut posisi di darat. Sehingga, mereka tidak ketinggalan waktu awal sholat yang merupakan saat paling berharga dalam ibadah ini. Mereka bisa menjalankan sholat di pesawat dengan cara duduk.

Untuk mengaksesnya cukup mudah. Tinggal kunjungi situs Crescentrating dan masukkan data yang ada, meliputi: bandara keberangkatan, waktu penerbangan, dan negara tujuan. Secara lengkap akan disajikan data waktu sholat dari lokasi keberangkatan hingga tempat tujuan.

Dari data Crescentrating disebutkan, umat Islam yang menggunakan jasa pesawat ke luar negeri mencapai transaksi US$10 juta pada 2010 lalu. Angka itu sekitar 10 persen dari total biaya perjalanan global dalam setahun.

“Alat ini sangat bermanfaat untuk penerbangan panjang,” kata Shiraz Shideek, Wakil Presiden Bank Islam Abu Dhabi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda