Scroll to Top

Mampukah Athletic Bilbao Meraih Tiket Liga Champions?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Apr 2012

Katedral bernama San Mames sudah menunggu 13 tahun untuk menjamu tamu dari Liga Champions. Ya, sejak duduk di peringkat kedua musim 1997/1998 Athletic Bilbao belum pernah lagi mendapatkan tiket ke kompetisi tertinggi Eropa. Kini, dengan 7 laga tersisa dan duduk di peringkat 11, mampukah pasukan Marcelo Bielsa duduk di empat besar di klasemen akhir?

Athletic Bilbao

Bukan perkara mudah. Butuh lebih daripada sekadar keajaiban. 42 poin yang digapai Bilbao saat ini terlalu jauh untuk mengejar peringkat ketiga dan keempat. Malaga dan Valencia duduk di sana dengan masing-masing mengumpulkan 50 poin dan 49 poin.

Bukan berarti tidak mungkin. Kalau tak bisa peringkat ketiga; posisi empat pun layak dibidik.

Malaga saat ini yang berpeluang mempertahankan tiga besar; jatah terakhir untuk lolos gratis ke babak penyisihan grup. Dengan jarak 8 poin dan konsistensi permainan dalam lima laga terakhir, terlalu berat bagi Billbao menyalip Malaga.

Valencia saat ini tengah kolaps. Mereka memang bisa menahan imbang Real Madrid 0-0. Namun, dari segi trend, Valencia tengah buruk. kemenangan terakhir El Che di Liga Spanyol terjadi pada 19 Maret 2012 lalu.

Empat laga terakhir, kelelawar kehilangan daya menghisap darah mereka. Tiga hasil seri dan sekali kekalahan. Pasukan Marcelo Bielsa bisa menegakkan bendera perang dengan Valencia.

Satu lawan lain yang cukup jauh jaraknya, adalah Levante. Pasukan Katak memiliki 48 poin. Namun, Levante masih menyisakan partai menghadapi Barcelona. Meski digelar di Ciutat de Valencia, kemungkinan mereka terpelanting cukup besar.

Selebihnya, adalah lawan-lawan yang lebih netral. Ya, peringkat enam hingga sepuluh Liga Spanyol saat ini tidak terlalu kontras dengan Bilbao. Osasuna yang duduk di posisi enam cuma mengumpulkan 43 poin; 2 angka lebih baik dari pasukan San Mames. Dan, daya tahan Osasuna tampaknya tak akan cukup untuk sekadar mengejar tiket Europa League.

Atletico Madrid, Sevilla, Espanyol, dan Getafe secara matematis ada di atas Bilbao. Keempat tim ini memiliki 42 poin. Cuma satu angka mengungguli pasukan Marcelo Bielsa.

Kesempatan merangsek datang pada pertengahan pekan ini. Bilbao cuma akan menghadapi Granada. Meski berlaga di Los Carmenes, tiga angka bisa didapatkan Fernando Llorente dkk.

Andai mampu menekuk Granada dalam laga Kamis dini hari kelak, jalan Bilbao akan mudah. Mereka cuma menghadapi Mallorca, Racing Santander (away), Real Zaragoza (away), Getafe, dan Levante (away). Lima lawan ini semestinya bisa ditaklukkan jika Bilbao tak kehilangan konsentrasi.

Lawan paling sulit hanyalah Real Madrid di pekan ke-36. Namun, lagi-lagi Bilbao diuntungkan dengan laga yang digelar di San Mames.

Peluang ke Liga Champions, secara matematis memang tak mungkin melihat poin Bilbao saat ini. Namun, mereka bisa berkaca pada keberhasilan musim 1997/1998. Ketika itu, demi tiket Liga Champions, Bilbao berubah menjadi tim trengginas.

Musim tersebut, hingga pekan ke-31, Bilbao masih duduk di peringkat kelima dengan 50 angka. Perlu dicatat, saat itu, cuma juara dan runner-up yang bisa masuk ke Liga Champions.

Ajaib, dalam 7 pertandingan terakhir, klub-klub di atas pasukan San Mames, menenggelam. Real Madrid, Real Sociedad, dan Celta Vigo menggelepar. Sementara, empat kemenangan dan tiga kali seri didapatkan Bilbao. Posisi kedua pun diraih di pekan terakhir setelah menekuk Real Zaragoza 1-0.

Kita lihat saja, apakah semangat musim 1997/1998 masih menjadi milik Pasukan Basque. Ataukah, penantian Bilbao berkompetisi di Liga Champions harus tertunda minimal setahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda