Scroll to Top

Kevin Systrom, Sosok Dibalik Suksesnya Instagram

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 10 Apr 2012

Kevin Systrom

Usianya masih sangat muda, namun Kevin Systrom mampu menggebrak dunia dengan Instagram. Sebuah aplikasi social photo sharing di perangkat mobil iOS dan Android.

Pada tahun 2004, Kevin Systrom sempat bertemu dengan Mark Zuckerberg, untuk diajak bergabung dengan timnya. Namun iming-iming bos Facebook tersebut ia tolak.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan Majalah Times, Kevin Systrom mengaku memang memiliki latar belakang fotografi. Ia suka dengan kamera dan selalu mendapatkannya saat Natal.

Kevin Systrom alumnus jurusan Tehnik dan Manajeman Sains Universitas Stanford (2006). Ia sempat magang di Odeo (Twitter), Microsoft Sillicon Valley Cmpus, dan pernah dua tahun bekerja di Google.

Pada tahun 2010, Kevin Systrom bersama rekannya Mike Krieger mendirikan Intagram. Awalnya Instagram hanya beramuniskan empat orang, tetapi akhirnya ditambah hingga 13 pekerja.

Instagram mulanya hanya merambah iOS. Namun dari satu sistem operasi ini saja, aplikasi besutan Kevin Systrom mampu meraih 30 juta pengguna.

Ketika memutuskan untuk masuk ke Android, Instagram tak hanya meledak. Aplikasi ini bahkan mampu meraup satu juta unduhan di hari pertama peluncuran.

Booming-nya Instagram, memaksa Apple mengganjarnya sebagai App of The Year di tahun 2011 silam. Dan kini, Mark Zuckerberg tak bisa menahan ambisinya untuk segera merengkuh Instagram.

Setelah akuisisi, Kevin Systrom dikabarkan akan menerima gelontoran dana dalam bentuk uang tunai serta saham hingga USD 400 juta. Sebab di Instagram Kevin Systrom memiliki saham sebesar 40%.

Prestasi Kevin Systrom terbilang sangat luar biasa. Aplikasi ini baru berusia dua tahun. Namun dengan sentuhan magis Kevin Systrom, Instagram kini bernilai lebih dari Rp 9 trilyun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda