Scroll to Top

PSSI Izinkan Pemain ISL Perkuat Timnas Indonesia!

By Aditya / Published on Tuesday, 10 Apr 2012

Timnas Indonesia

Perkembangan menggembirakan terjadi di tengah hiruk-pikuk sepakbola nasional. PSSI akhirnya melunak dan memperbolehkan para pemain yang membela klub ISL untuk memperkuat Timnas Indonesia. Itu artinya, tidak ada diskriminasi lagi demi kepentingan bangsa dan negara.

Keputusan PSSI yang mempersilakan para pemain ISL untuk membela tim Merah-Putih sebenarnya merupakan hasil dari Kongres Tahunan PSSI di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, beberapa waktu silam. Apalagi saat ini PSSI sedang menggencarkan upaya rekonsiliasi kepada klub-klub ISL.

”Tim rekonsiliasi sudah bertindak lebih jauh. Keputusan ini sebenarnya hasil kongres tahunan PSSI di Palangkaraya. Maka setelah kongres tahunan kami menyakinkan mengakui liga ISL dengan memanggil pemain-pemain ISL untuk bermain di timnas,” ungkap Bernhard Limbong, Penanggung Jawab Timnas PSSI, di Jakarta, Selasa (10/4).

Bernhard Limbong juga menegaskan bahwa keputusan PSSI sudah bisa diberlakukan. Dengan kata lain, para pelatih Timnas Indonesia dari segala jenjang usia sudah bisa memanggil pemain-pemain ISL untuk mengisi skuad tim Garuda.

”Mulai besok pelatih-pelatih kami sudah bisa memanggil pemain-pemain ISL,” ujar Bernhard Limbong.

PSSI akan segera mengkonfirmasikan kebijakan ini kepada FIFA dan AFC. Statuta FIFA, lanjut Bernhard Limbong, memang melarang pemain dari kompetisi ilegal untuk memperkuat timnas. Namun, tambahnya, kali ini PSSI benar-benar memberi pengakuan kepada ISL.

“Memang ada risiko di sini, tentunya kami berkoordinasi dengan AFC dan FIFA. Apapun kami lakukan. Kami memang sungguh-sungguh mengakui ISL,” kata Bernhard Limbong.

“Tentunya kami tidak asal memanggil, kami akan berkoordinasi dengan AFC dan FIFA serta Satgas AFC juga. Kami akan membuat mereka percaya, ini adalah amanat kongres PSSI di Palangkaraya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda