Scroll to Top

Hasil Pertandingan Bolivia vs Kosta Rika

By Wan Faizal / Published on Friday, 08 Jul 2011

Kejutan kembali terjadi di Grup A Copa America 2011. Setelah Kolombia sukses menahan imbang Argentina, kali ini giliran tim muda Kosta Rika menundukkan Bolivia yang lebih diunggulkan dengan dua gol tanpa balas, Jumat (8/7) pagi.

Sebagai tim yang lebih diunggulkan, Bolivia langsung menekan pertahanan Kosta Rika sejak kick-off dimulai. Beberapa peluang berhasil mereka dapat, namun gagal membuahkan hasil.

Sebaliknya, Kosta Rika hanya mengandalkan Joel Campbell untuk mengancam gawang Bolivia, yang dijaga Carlos Arias. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Sadar sangat butuh kemenangan, Bolivia lebih agresif dalam menyerang di babak kedua. Namun strategi itu seperti menjadi sebuah blunder bagi mereka karena agresifnya lini depan dan tengah tidak diimbangi dengan kedisiplinan lini belakang.

Terbukti, pada menit ke 59, sebuah serangan balik yang dirancang Campbell mampu membuahkan hasil. Dengan cerdik Campbell memberikan bola pada Allen Guevara yang tak terkawal. Tembakan Guevara masih mampu dihalau dengan gemilang oleh Arias. Namun bola muntah mampu disambar Josue Martinez yang tidak terjaga. 1-0 untuk Kosta Rika.

Derita Bolivia semakin bertambah setelah bek Ronald Rivero menerima kartu merah akibat menghadang tendangan Heiner Mora dengan tangan di kotak pinalti. Tapi sayang, tendangan pinalti Guevara masih mampu diblok Arias, begitu juga dengan bola reboundnya.

Bermain dengan sepuluh orang, membuat usaha Bolivia mengejar ketinggalan semakin berat. Parahnya, disaat tim butuh banyak tenaga untuk mencetak gol, Walter Flores malah membuat pelanggaran yang membuat dirinya mengikuti jejak Rivero yang diusir wasit.

Pertandingan memang berlangsung cukup keras. Total, wasit Carlos Vera mengeluarkan delapan kartu kuning, dan dua kartu merah.

Menit 79, Kosta Rika mampu menggandakan keunggulan. Berawal dari serangan balik cepat, Mora memberikan umpan terobosan pada Campbell yang lolos dari jebakan off-side. Dengan mudah, pemain berusia 19 tahun itu menjebol gawang Arias.

“Saya tidak yakin bisa memulai pertandingan dengan baik. Bagaimanapun, Bolivia lebih diunggulkan karena mampu menahan Argentina di pertandingan pertama,” jelas pelatih Kosta Rika, Ricardo La Volpe.

“Dengan hasil imbang antara Argentina melawan Kolombia, saya tahu bahwa pertandingan terakhir kamu melawan Argentina akan berlangsung seru.”

Sementara itu, striker Bolivia, Marcelo Moreno, menyesalkan strategi timnya yang tidak berjalan dengan baik sesuai rencana.

“Kami berharap menjalani pertandingan yang bagus, berusaha keras di lapangan, tapi hasilnya tidak seperti yang direncanakan,” ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Kosta Rika masih berpeluang lolos ke babak selanjutnya jika mampu menang atas Argentina di pertandingan terakhir. Sementara Bolivia akan menghadapi Kolombia. Persaingan masih akan seru karena semua Negara masih berpeluang untuk lolos.

Data pertandingan:

Bolivia: 1. Carlos Arias, 4. Lorgio Alvarez, 16. Ronald Raldes, 5. Ronald Rivero, 3. Luis Gutierrez, 6. Walter Flores, 15. Jaime Robles (19. Jose Chavez 67’), 21. Jhasmany Campos (8. Ronald Garcia 80’), 7. Edivaldo Rojas (11. Alcides Pena 67’), 17. Juan Carlos Arce, 9. Marcelo Moreno. Coach:Gustavo Quinteros

Kosta Rika: 18. Leonel Moreira, 19. Oscar Duarte, 3. Johnny Acosta, 2. Francisco Calvo, 4. Jose Salvatierra, 8. David Guzman, 20. Pedro Leal, 6. Heiner Mora (22. Jose Cubero 82’), 11. Diego Madrigal (7. Allen Guevara 46’), 17. Josue Martinez (21. Cesar Elizondo 81’), 12. Joel Campbell. Coach: Ricardo La Volpe

Yellow cards: Alvarez 35’, Moreno 57’, Campos 63’, Rivero 65’, Gutierrez 87’ – Guzman 29’, Duarte 47’, Salvatierra 83’

Red cards: Rivero 70’, Flores 75’

Referee: Carlos Vera (Ekuador)

Man of The Match: Joel Campbell

[youtube 5GrPyKjU4A0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda