Scroll to Top

Mengapa Facebook Membeli Instagram?

By Moch Ridwan / Published on Wednesday, 11 Apr 2012

Seperti yang diberitakan oleh Sidomi kemarin bahwa Facebook akhirnya membeli Instagram senilai USD 1 miliar. Mungkin terbesit di benak kita bahwa kira-kira apa sih tujuan Mark Zuckerberg membeli aplikasi untuk mengedit dan berbagi foto tersebut? sebegitu berharganyakah Instagram ini untuk Facebook?

Sejak dirilis Januari 2011 lalu, aplikasi yang awalnya hanya khusus untuk pengguna iOS ini memang sangat fenomenal. Pengguna iPhone app sudah capai lebih dari 27 juta, serta setelah diluncurkannya versi Androidnya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam telah di download lebih dari 1 juta pengguna.

Jadi inilah alasan kenapa Facebook membeli Instagram :

1. Facebook membeli talenta yang dimiliki Instagram
Untuk tim yang bisa dibilang kecil, instagram adalah perusahaan yang bisa dibilang pertumbuhannya sangat cepat hampir 30 juta pengguna hanya dalam kurun waktu satu tahun. Ini bisa menjadi contoh kesuksesan sejati bagi para start up. Jelas Kevin Systrom dan koleganya merupakan sekumpulan orang yang berbakat.

2. Facebook membeli teknologi Instagram
Berbagi foto merupakan kunci dari kesuksesan awal Facebook, namun sayangnya mereka teknologi upload dan berbagi foto melalui media gadget mobile yang dimiliki situs jejaring sosial tersebut sangat terbatas. Dengan Instagram pengguna bisa dengan mudah mengupload foto dan memfilternya dibandingkan dengan Facebook.

3. Facebook membeli aktifitas pengguna Instagram
Saya rasa Facebook tidak membeli Instagram karena mereka ingin menambah jumlah pengguna mereka. Bandingkan saja saat ini pengguna Facebook adalah sekitar 850 juta orang sedangkan Instagram hanya 30 juta. Diperkirakan Facebook menginginkan aktifitas yang dimiliki oleh pengguna Instagram. Berapa banyak foto yang telah di upload oleh para pengguna Instagram setiap harinya? Ini berarti ada jutaan orang yang melihat foto-foto tersebut. Salah satu pendapatan Facebook berasal dari iklan, nah dengan banyaknya orang yang melihat foto ini tentu saja akan bisa memastikan bisnis iklan Facebook tetap berjalan.

Mengeluarkan uang senilai 1 miliar dollar mungkin tidak berarti apa-apa bagi Facebook. Andaikata nilai perusahaan Facebook saat ini adalah USD 100 miliar, bukannya 1 milairnya hanya 1 persennya saja? Maka tentu saja perhatian lebih condong ditujukan pada Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda