Scroll to Top

Atletico Madrid vs Real Madrid: Derby Madrid dari Masa ke Masa (Foto)

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 11 Apr 2012

Derby Madrid esok hari merupakan derby ke-150 antara Real Madrid menghadapi Atletico Madrid. Hingga saat ini, El Real jauh mengungguli sang rival sekota. Los Blancos tercatat memenangi 82 dari 149 laga derby. Sementara, Atletico hanya 35. Kedua klub bermain imbang 32 kali.

Sejak digelar pada jornada 3 Liga Spanyol musim 1928/1929, Derby Madrid selalu terjadi dalam tensi tinggi. Atletico yang melambangkan kaum pekerja; berhadapan dengan Real Madrid yang melambangkan orang-orang kaya dan para pemodal. Kali ini Sidomi menampilkan beberapa foto seputar Derby Madrid dari masa ke masa.

Atletico Madrid 3
Derby Madrid Pertama

24 Februari 1929 akan dikenang sebagai Derby Madrid pertama di Liga Spanyol. Real Madrid berkesempatan menjamu Atletico Madrid di Estadio Chamartin. Laga berlangsung ketat.

Rojiblancos sempat unggul terlebih dahulu melalui Luis Marin Sabater di menit 28. El Real menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian melalui Ramon Triana Arroyo. Real Madrid akhirnya menjadi pemenang derby pertama antar kedua klub lewat gol kedua Triana di menit 53.

Atletico Madrid 2
Atletico Juara di Santiago Bernabeu

Musim 1976/1977. Derby Madrid ketika itu terjadi di pekan ke-33; pekan penentuan apakah Atletico Madrid layak menjadi kampiun musim itu atau tidak.

Andai mampu memetik satu angka saja, Rojiblancos akan menjuarai liga. Mengingat, Barcelona yang terpaut tiga angka cuma bisa bermain imbang 0-0 dengan Elche (saat itu, nilai kemenangan masih 2 angka; bukan 3).

Derby pun berlangsung sengit. Meski berlangsung di Santiago Bernabeu, Atletico tak ciut. Mereka unggul lebih dahulu melalui Ruben Cano di menit 41. Real Madrid berhasil membalas di babak kedua melalui Roberto Martinez (’70). Hasil akhir tetap 1-1 dan Bernabeu menjadi korban pesta Atletico. Real Madrid sendiri musim itu terseok di peringkat sembilan.

Raul Gonzalez
Gol Pertama Raul Gonzalez

Musim 1994/1995. Musim ini menjadi saksi bisu lahirnya bintang besar Real Madrid sepanjang masa, Raul Gonzalez. Takdir yang ditempuh Raul sangat menyakitkan. Ia merupakan pemain junior Atletico Madrid. Namun, di tengah jalan, presiden Rojiblancos saat itu, Jesus Gil, memutuskan untuk menghentikan program tim junior karena kondisi keuangan yang parah.

Raul pun pindah ke Real Madrid. Ingin tahu melawan tim mana ia mencetak gol perdana untuk Real Madrid? Jawabannya, mantan klub masa kecilnya sendiri, Atletico. Dalam laga yang digelar pada 5 November 1994, Raul mencetak satu gol untuk kemenangan besar klubnya 4-2 atas Atletico.

Atletico Madrid 4
Kemenangan Terakhir Atletico di Bernabeu

Musim 1999/2000. Secara mengejutkan, Real Madrid dihajar Atletico di Santiago Bernabeu dengan skor 1-3. Fernando Morientes sempat membuat Los Blancos unggul di menit 8. Namun, Jimmy Floyd Hasselbaink mencetak 2 gol (’12 dan ’38). Di sela-sela gol penyerang Belanda, Jose Mari mengejutkan Albano Bizzari, kiper Madrid di menit 30.

Laga itu berjalan tak menyenangkan untuk tuan rumah karena sang kiper harus keluar lebih awal setelah menerima kartu merah di menit 49. Yang unik, dalam laga ini Iker Casillas tampil sebagai pengganti Bizzari. Pemain yang dikorbankan untuk Santo Iker adalah Guti Hernandez.

Real-Madrid-vs-Atletico-Madrid
Penalti Cristiano Ronaldo

Awal musim ini, 27 November 2011. Bertempat di Santiago Bernabeu, Atletico sempat unggul lebih dahulu melalui Adrian (’15). Keadaan berubah seperti neraka bagi tim tamu ketika Thibaus Courtois menerima kartu merah di menit 22 setelah melanggar Karim Benzema.

Tampil dengan sepuluh orang, Rojiblancos terbobol tiga kali. Masing-masing melalui Cristiano Ronaldo (’24 penalti), Angel di Maria (’45), dan Gonzalo Higuain (’65).

Keadaan bertambah parah ketika Diego Godin juga harus meninggalkan lapangan di menit 81. Penalti Cristiano Ronaldo semenit kemudian melengkapi kekalahan Atletico; yang mungkin membuat dendam kubu Rojiblancos hendak diluapkan dini hari nanti.

Foto 1 hingga 4: Marca.com

Foto 5: Realmadrid.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda