Scroll to Top

Wisata Kepulauan Karimunjawa

By Ilham Choirul / Published on Friday, 08 Jul 2011

Kepulauan Karimunjawa

Sejak 2001, Karimunjawa memiliki nama resmi Taman Nasional Karimunjawa. Daerah kepulauan ini memiliki gugusan 27 pulau kecil. Sebagian besar pulau tersebut berpasir putih. Dari semua pulau itu, hanya lima pulau yang sudah didiami penduduk. Yaitu, Pulau Genting, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, dan Pulau Parang.  Pulau-pulau favorit yang sering dikunjungi para turis antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam.

Kepulauan Karimunjawa menawarkan eksotika wisata air. Terumbu karang di tempat ini masih terawat dengan warna-warna yang menarik. Pastinya, hidupnya terumbu karang ini menjadi arena berkumpulnya beragam ikan. Dengan air yang jernih, kegiatan Anda berenang dan menyelam jadi lebih mengasyikkan. Dasar lautnya saja kelihatan dari luar air. Buat Anda yang doyan memancing, beberapa pulau di Karimunjawa bisa Anda jadikan target sasaran.

Tersebarnya pulau kecil di Karimunjawa ini bisa Anda jelajahi menggunakan perahu nelayan. Waktu tempuhnya tidak lama karena berdekatan satu pulau dengan lainnya. Disediakan pula perahu glass bottom. Dengan perahu ini, Anda bisa melihat dunia bawah laut dari lantai perahu yang dipasang kaca tembus pandang menuju bawah air.

Kepulauan Karimunjawa letaknya di sebelah utara Kota Semarang dan Jepara. Transportasi menuju ke sana bisa Anda tempuh lewat jalur laut dan udara. Untuk perjalanan laut, Anda bisa  menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang dan dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Kalau dari Semarang, waktu tempuhnya memakan waktu empat jam jika cuaca baik, dan enam jam jika cuaca buruk. Jika Anda start dari Jepara, waktu tempuhnya sekitar 2,5-3jam.

Kalau punya dana lebih, transportasi udara bisa jadi pilihan. Anda dapat menyewa pesawat kecil di Bandara Ahmad Yani di Semarang, menuju Bandara Dewa Daru di Pulau Kemujan, salah satu pulau di Karimunjawa. Perjalanan ini  memakan waktu 30 menit, sembari Anda menikmati keindahan Karimunjawa dari udara.

Soal penginapan, tersedia  mulai dari resort mahal dan hotel-hotel kecil. Seperti dikutip situs Kumpulan.info, beberapa penduduk setempat juga ada yang menyewakan rumahnya dengan tarif yang lebih murah lagi. Ingin suasana beda, Anda bisa coba menginap di Wisma Apung, yaitu penginapan di atas air yang lokasinya tidak jauh dari pantai.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda