Scroll to Top

5 Langkah Menuju Jantung Sehat

By angelberta / Published on Friday, 08 Jul 2011

5 langkah menuju jantung sehatMengingat fungsinya yang sangat penting bagi tubuh, maka jantung perlu dijaga dengan baik.

Jantung koroner merupakan salah satu penyakit jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung, sehingga harus dihindari dengan melakukan beberapa langkah demi kesehatan jantung Anda.

1.  Jangan terlalu cuek terhadap penampilan, perhatikanlah ukuran badan Anda. Berat badan memiliki pengaruh terhadap penyakit jantung.

Semakin tinggi berat badan Anda, semakin besar resiko terserang penyakit jantung.

2.  Jantung merupakan otot, sehingga memerlukan olahraga agar dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Tidak perlu melakukan fitness mati-matian.

Cukup lakukan aktivitas fisik seperti jalan pagi, berkebun dan naik turun tangga secara rutin.

3.  Diet yang sehat juga sangat baik untuk jantung. Jadi, konsumsilah makanan yang dapat menyehatkan jantung.

Prosentase buah dan sayuran harus harus lebih tinggi pada menu makanan. Sepertiga dari karbohidrat dan sepertiga akhir dari protein.

Misalnya seperti susu dan makanan yang terbuat dari susu. Ditambah daging, ikan, telur dan kacang.

4.  Mengapa harus stop rokok? Karena merokok akan merusak jantung dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan arteri.

Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras, sehingga dapat menyebabkan serangan.

5.  Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan waktu tidur malam dapat  meningkatkan tekanan darah, mempengaruhi hormon dan tingkat gula darah.

Aktivitas tidur sangat memungkinkan jantung untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko serangan. Jadi, pastikan Anda mendapatkan tidur malam yang baik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda