Scroll to Top

Banyak Wanita Pakai Bra dengan Ukuran Salah

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Apr 2012

bra

Bagi wanita, menyangga payudara dengan bra itu penting. Payudara yang tidak ditopang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Misalnya, nyeri di punggung, leher, dan tangan. Selain itu, juga memengaruhi sikap tubuh.

Pada payudara 16DD, punya berat sekitar 600 gram. Berat ini setara dengan berat satu liter air. Inilah yang kemudian membuat tubuh menanggung beban ke depan jika payudara tidak ditopang memakai bra.

Masalahnya, banyak wanita yang ternyata memilih ukuran bra yang salah. Di Australia, contohnya, lebih dari 80 persen wanita di sana memakai bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara. Pada penelitian yang dilakukan tim dari Sports Medicine Australia and the Breast Research Australia (BRA), ada 88 persen remaja wanita yang salah memilih bra. Bahkan, 85 persen tidak tahu mana bra yang bisa memberikan kenyamanan buat mereka.

Banyak pula wanita lebih tua yang juga memakai bra dengan ukuran salah. Peneliti menemukan ada 67 persen wanita tua yang tidak tahu bra yang sesuai dengan mereka.

Ada beberapa faktor yang membuat wanita memakai bra tidak nyaman. Pertama, sebagian remaja wanita hendak memamerkan sembulan payudaranya,  sehingga memakai bra lebih kecil. Mereka melakukan ini dengan sengaja.

Namun, ada pula wanita memakai bra yang salah karena minimnya pengetahuan tentang bra yang baik dan nyaman. Mereka yang merasa tidak nyaman memakai bra, cenderung melepaskannya saat sudah sampai di rumah agar dadanya tidak tersiksa. Padahal, tanpa memakai bra juga menimbulkan risiko kesehatan.

“Wanita kurang memiliki pengetahuan bahwa bra harus nyaman. (Dalam studi tersebut) mereka tidak tahu atau tidak menganggap ketidaknyamanan sebagai masalah,” kata Dr Deirdre McGhee, peneliti utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda