Scroll to Top

Wanita Alkoholik Rentan Kena Kanker Payudara

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 12 Apr 2012

wanita mabuk

Selain terlihat tabu, wanita yang doyan alkohol juga berisiko tinggi mengalami kanker payudara dibanding yang tidak mengonsumsinya. Ini tergambar dari penelitian yang dilakukan  Washington University School of Medicine di St. Louis. Kemunculan kanker payudara di tubuh wanita alkoholik berjalan cukup pelan sehingga menjadi bahaya laten.

Dr Graham Colditz, mengatakan, alkohol bisa memicu jaringan di payudara untuk secara perlahan bermutasi menjadi tumor jinak. Dalam jangka lama, tumor ini berangsur menjadi kanker yang ganas.

Dalam penelitian terhadap 29 ribu wanita, ada peningkatan risiko kanker payudara sebesar 15 persen pada mereka yang mengonsumsi alkohol. Dalam risiko ini terjadi pengembangan sel nonkanker dan lesi berupa tumor jinak. Untuk mencapai kondisi demikian hanya butuh minuman alkohol 10 miligram sehari. Bayangkan jika meminumnya sampai beberapa gelas sloki.

“Minuman beralkohol meningkatkan risiko perubahan awal payudara pada fase tumor  jinak,” kata Colditz.

Jauhi minuman beralkohol sekarang juga demi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda