Scroll to Top

Ferenc Deak Pemain Klub Hungaria Yang Mencetak 66 Gol dalam Semusim

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Apr 2012

Namanya dipastikan kalah terkenal dengan legenda Hungaria seperti Ferenc Puskas atau Sandor Kocsis. Ya, pada masa kini, siapa yang mengenal nama Ferenc Deak? Ia pun hanya memperkuat klub domestik dalam karier profesionalnya. Namun, hingga saat ini belum ada seorang pun di Eropa yang mampu menyaingi jumlah gol Ferenc Deak dalam semusim; khusus di liga.

Ferenc Deak

66 gol dalam semusim. Ya, sejumlah itulah yang dibukukan pemain kelahiran 16 Januari 1922 pada musim 1945/1946.  Ketika itu, Ferenc Deak memperkuat Szentlorinci, klub di Liga Hungaria.

Hebatnya, catatan 66 gol ini dibuat Deak hanya dalam 34 pertandingan. Hal yang membuat rata-rata golnya melesat dalam angka 1,94 gol/laga. Bahkan, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sekalipun mungkin saja iri melihat produktivitas Deak yang setara dengan dewa-dewa.

Sebuah kebetulan mampu mencetak gol sebanyak itu? Andai Ferenc Deak hanya sekali membuat rekor spektakuler ini, barangkali kita bisa berkata demikian. Namun kenyataannya, sepanjang empat musim dalam kurun waktu 1945 hingga 49, rekor gol Deak bisa membuat para penyerang top dunia tak bisa tidur memikirkan cara untuk menyainginya.

Setelah melepaskan 66 gol dalam 34 laga pada musim 1945/1946; Deak masih rutin membobol gawang lawan untuk timnya. Musim 1946/1947, 48 gol dijaringkannya dari 30 laga. Musim berikutnya, 41 gol dibuat hanya dalam 30 laga. Saat itu, Deak sudah berkostum salah satu klub tangguh Hungaria, Ferencvaros.

Masa keemasan ditutup dengan indah pada musim 1948/1949. Pada musim tersebut, 59 gol dicetak Deak dalam 30 laga. Musim tersebut, Deak membantu Ferencvaros mengukir 140 gol di Liga Hungaria hanya dalam semusim. Hal yang sangat layak menobatkan Ferencvaros sebagai juara Liga Hungaria musim tersebut.

Tuah di depan gawang milik Ferenc Deak terus mengalir. Hingga ujung karier sang pemain pada tahun 1954, Deak mengukir jumlah gol yang lebih banyak daripada jumlah pertandingannya. 302 gol dibuat hanya dalam 232 kali tampil di tiga klub berbeda sepanjang kariernya.

Tidak hanya tajam di level klub. Ketika berkostum timnas Hungaria, Ferenc Deak tetap menggila. Ia memperkuat negaranya sepanjang tahun 1946-1949. Dalam 20 penampilan, Deak berhasil mengoleksi 29 gol. Lagi-lagi, gol sang penyerang lebih banyak daripada jumlah laganya.

Dalam sejarah sepakbola, satu-satunya yang mampu melewati Ferenc Deak hanyalah seorang Amerika bernama Archie Stark. Pemain ini membukukan 67 gol pada musim 1924/1925 bersama Bethlehem Steel, klub lokal.

Di Eropa, satu-satunya pemain yang mampu mendekati Deak hanyalah Dixie Dean, penyerang Everton. Pada musim 1927/1928 Dean mampu membukukan 60 gol. Selebihnya, para penyerang terbaik Eropa sekalipun, tak bisa menembus jumlah 60 gol dalam semusim khusus di liga domestik saja.

Saat ini Lionel Messi memang mencetak 61 gol dalam 51 pertandingan. Namun, jumlah gol Messi di Liga Spanyol masih mentok di angka 39 gol; 59% gol yang dibuat oleh Ferenc Deak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda