Scroll to Top

Selamat Tinggal Racing Santander

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 13 Apr 2012

Palu memang belum sepenuhnya diketuk. Namun, pendukung Racing Santander harus mulai menutup mata melihat perjalanan klub mereka di Primera Division. Menyusul kekalahan 0-3 dari tim tamu Real Mallorca, Segunda Division sudah melambai-lambai kepada klub kebanggaan penduduk Santander.

Racing Santander

32 kali bermain, hanya mengumpulkan 25 poin. Mencatat 15 kekalahan yang berbanding dengan 4 kemenangan saja. Terbobol 51 kali dan cuma memasukkan 23 gol. Plus, hanya meraih satu kemenangan di laga tandang.

Masih ada sisa enam pertandingan. Masih ada 18 poin yang bisa diraih oleh Racing. Dalam hukum tak tertulis di seluruh liga dunia yang memiliki 20 klub peserta; angka 40 hingga 41 adalah jaminan keamanan klub untuk bertahan. Artinya, andai bisa mengebut, Racing bisa mendapatkan 43 poin.

Meski secara matematis hal ini mungkin-mungkin saja (sambil berharap tiga klub di atas mereka bermain sangat buruk dalam enam laga sisa); dari segi performa di lapangan, Racing memang layak untuk turun kasta.

Kemenangan terakhir diterima Racing pada 15 Januari 2012. Ketika itu, mereka bisa mempermalukan Osasuna di Reyno de Navarra dengan skor telak 0-2. Namun, pasca kemenangan pertama di laga tandang pada musim ini, 3 angka merupakan hal yang paling sulit digenggam Christian Stuani dkk.

14 pertandingan berlalu sejak pertengahan Januari yang dingin. Hasil yang didapat jauh panggang dari api: 5 hasil seri dan 9 kekalahan. Sepanjang periode tersebut, Racing tercatat cuma membukukan 9 gol. Sementara gawang mereka dibiarkan terbobol 30 kali.

Bahkan, El Sardinero yang diandalkan menjadi tempat meraup angka; tak lagi angker sejak 7 Januari 2012 ketika Racing menekuk juru kunci Real Zaragoza dengan skor tipis 1-0. Selebihnya, 8 laga terakhir di kandang juga tak membuahkan 3 angka: klub yang berdiri pada 1913 hanya mendapatkan 3 hasil imbang dan 5 kekalahan.

Villarreal (away), Athletic Bilbao, Real Sociedad (away), Getafe (away), Real Zaragoza (away), dan Osasuna. Inilah tim yang akan dihadapi Racing. Dari segi kekuatan, cuma Bilbao yang tergolong klub tangguh. Namun, dengan melihat perbandingan 4 laga tandang dan 2 pertandingan kandang, sepertinya Racing sudah harus melempar handuk saat ini juga.

Degradasi yang tinggal menunggu waktu ini, merupakan prestasi terburuk Racing dalam 9 tahun terakhir. Mereka terakhir kali terdegradasi pada musim 2000/2001 ketika mengumpulkan 39 angka; atau 14 poin lebih baik daripada keadaan saat ini.

15 Laga Terakhir Racing Santander

Osasuna vs Racing Santander 0-2 (kemenangan terakhir)
——————————————————-
Racing Santander vs Getafe 1-2
Racing Santander vs Valencia 2-2
Levante vs Racing Santander 1-1
Racing Santander vs Atlético Madrid 0-0
Real Madrid vs Racing Santander 4-0
Racing Santander vs Sporting Gijon 1-1
Rayo Vallecano vs Racing Santander 4-2
Racing Santander vs Barcelona 0-2
Espanyol vs Racing Santander 3-1
Racing Santander vs Sevilla FC     0-3
Real Betis vs Racing Santander 1-1
Racing Santander vs Granada 0-1
Málaga vs Racing Santander 3-0
Racing Santander vs Mallorca 0-3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda