Scroll to Top

Makan Sembil Menyetir Alihkan Konsentrasi

By Ilham Choirul / Published on Friday, 13 Apr 2012

menyetir sambil makan

Kalau ingin makan dan minum dalam perjalanan, apalagi Anda yang menyetir, sebaiknya menepi dulu. Habiskan makanan Anda hingga puas dan baru melajutkan perjalanan. Penelitian dari University of Leeds menyatakan, ada potensi berbahaya saat seseorang menyetir sembari makan dan minum. Konsentrasinya bisa terganggu.

Bahkan, peneliti menyamakan risiko yang dialami pengendara seperti berponsel kala menyetir. Keduanya membuat pengendara kurang bisa menyetabilkan mobilnya pada lajur lurus. Apalagi, setir hanya dikendalikan dengan satu tangan sewaktu minum dan makan.

Studi ini melibatkan pengemudi yang diuji pada sebuah simulator. Mereka diminta melakukan berbagai aktivitas sembari menyetir. Misalnya makan, minum, merokok, dan sebagainya. Hasilnya, secara umum mereka mengalami keterlambatan merespon situasi sekitarnya hingga 44 persen lebih lambat dari waktu normal. Jika dibandingkan dengan menyetir memakai dua tangan, aksi makan dan minum mengurangi kesigapan berkendara hingga 22 persen.

“Pengemudi juga 18 persen lebih rentan berbelok ke jalur sebelah ketika sambil minum,” kata peneliti.

Sebaiknya Anda yang setiap hari mengemudikan mobil memperhatikan hal ini. Keterlambatan merespon keadaan bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda